Google Maps Tambah Mode Navigasi untuk Pesepeda
Pesepeda (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Aktivitas bersepeda sedang jadi tren di beberapa negara, termasuk di Indonesia. Google pun meningkatkan kemampuan navigasi di layanan peta digitalnya dengan menambahkan rute bagi pesepeda.

Kehadiran mode pesepeda ini tak lain karena banyaknya permintaan yang mengalir ke raksasa internet tersebut, agar fitur pesepeda hadir di Google Maps. Selama pandemi COVID-19, permintaan fitu tersebut tumbuh 69 persen.

Dikutip dari laman blog Google, mode pesepeda ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan fitur navigasi dan rute bersepeda. Google memanfaatkan teknologi algoritma kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) serta data acak yang dikumpulkan dari komunitas bersepeda di kota setempat.

"Saat kebiasaan bersepeda mengalai perubahan, terutama di tengah Covid-19, kami terus memperbarui informasi ini untuk membantu Anda menemukan rute sepeda paling andal," ujar Vishal Dutta, Product Manager di Google Maps, Selasa 27 Oktober.

Navigasi Pesepeda di Google Maps (dok. Google)

"Kami juga mempertimbangkan berbagai bentuk jalur sepeda dan jalan-jalan terdekat yang mungkin kurang bersahabat untuk sepeda Anda (seperti terowongan, tangga, dan kondisi permukaan yang buruk) sehingga Anda dapat memiliki rute bersepeda terbaik dan paling lancar," tutur Vishal.

Sehingga Google Maps bisa memetakan rute dan navigasi yang aman bagi pesepeda. Google juga menambahkan titik-titik transit bagi pesepeda yang ingin berpindah transportasi menggunakan kendaraan umum seperti bus atau commuter line.

Selain itu, Google Maps juga menawarkan informasi terkait sewa sepeda yang ada di kota-kota besar. Cara penggunaan fitur sepeda ini seperti navigasi transportasi umum lainnya yang bisa dijajal di Google Maps.

Untuk saat ini, layanan bersepeda di Google Maps masih diujicoba secara terbatas di kota-kota besar seperti Chicago, New York, San Francisco, Washington, London, Mexico City, Montreal, Rio De Janeiro, São Paulo, dan Taipei and New Taipei City. Sayangnya, perusahaan asal Mountain View itu tak menyebutkan secara pasti kapan kota atau negara lain akan mendapatkan mode bersepeda di Google Maps.