Google Hentikan Layanan Dasbor Asisten Mode Mengemudi Mandirinya
Tampilan Asisten Mode Mengemudi mandiri Google (foto: Google)

Bagikan:

JAKARTA - Google akan menghentikan seluruh layanan Dasbor Asisten Mode Mengemudi pada 21 November mendatang. 

Dashboard Mode Mengemudi ini adalah fitur yang menawarkan akses cepat ke beberapa kontrol seperti audio, kontak, navigasi, dan pintasan lainnya ketika dalam perjalanan. 

Melansir 9to5Google, fitur yang pertama kali diumumkan Google di I/O tahun 2019, belum resmi diluncurkan hingga tahun lalu, namun kini Google akan menghentikannya. 

Mode Mengemudi yang akan dihentikan ini merupakan layanan mandiri, dan berbeda dengan fitur Mode Mengemudi yang ada pada Google Maps.

Seperti yang ditunjukkan oleh Mishaal Rahman dari Esper, Google telah menambahkan Asisten Mode Mengemudi ke Maps bahkan sebelum merilis Mode Mengemudi mandirinya. 

Satu-satunya perbedaan di antara kedua Mode Mengemudi itu adalah Anda dapat mengakses versi mandiri dengan mengucapkan perintah suara seperti "Hai Google, luncurkan Mode Mengemudi", atau dengan mengetuk pintasan Mode Mengemudi di layar utama ponsel Anda. 

Setelah Mode Mengemudi dimatikan, Anda hanya perlu mengakses fitur-fiturnya dengan memulai navigasi di Google Maps, yang mungkin telah dilakukan oleh banyak pengguna.

Penghentian Asisten Mode Mengemudi ini mungkin sedikit mengecewakan bagi mereka yang mungkin tidak memiliki mobil dengan hub navigasi digital yang mendukung Android Auto. 

Layanan Mode Mengemudi mandiri seharusnya menggantikan aplikasi "Android Auto for Phone Screens" yang dihentikan Google dengan Android 12.