Android Auto for Phone Screen akan Berhenti Beroperasi, Ini Penggantinya!
Tangkapan Layar YouTube Android Developers /Citra

Bagikan:

JAKARTA - Seiring berjalannya waktu, Android Auto terus mendapatkan pembaruan yang semakin mumpuni, tetapi beberapa fitur lawas harus terhenti sekarang.

Selama seminggu terakhir, Google bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal pada pengalaman Android Auto for Phone Screen secara keseluruhan.

Fitur tersebut memungkinkan antarmuka Android dalam mobil yang disederhanakan dan lebih aman digunakan saat memasang ponsel di dasbor mobil, fitur hebat bagi mereka yang tidak memiliki mobil baru dengan versi Android Auto yang berjalan di layar infotainment.

Sebenarnya, ini bukan peringatan pertama Google yang menempatkan Android Auto for Phone Screen di pengasingan.

Fitur tersebut sudah tidak digunakan lagi tahun lalu ketika perusahaan menonaktifkan Android Auto for Phone Screen pada perangkat Android 12 yang lebih baru.

Sementara pengguna dengan perangkat yang lebih tua masih dapat mengakses aplikasi, tetapi Google tidak memberikan kapan atau berapa lama fitur itu akan bertahan.

Namun, Google mengonfirmasi bahwa Android Auto for Phone Screen sedang dihapus, tetapi menolak untuk membagikan informasi apa pun tentang kapan aplikasi akan berhenti berfungsi.

"Bagi orang-orang yang menggunakan Android Auto di kendaraan yang didukung, pengalaman itu tidak akan hilang dan sebenarnya kami mengumumkan peningkatan UI besar yang akan datang baru-baru ini di Google I/O," ungkap Google kepada 9to5Google yang dikutip Sabtu, 4 Juni.

"Bagi mereka yang menggunakan pengalaman di ponsel (aplikasi seluler Android Auto), mereka akan dialihkan ke mode mengemudi Google Assistant yang merupakan evolusi berikutnya dari pengalaman berkendara seluler kami. Kami tidak memiliki detail lebih lanjut untuk dibagikan saat ini," imbuhnya.

Sayangnya, Google tidak menghadirkan pengganti Android Auto for Phone Screen.

Kecuali jika pengguna bersedia mengeluarkan uang untuk membeli kendaraan baru yang dilengkapi dengan Android Auto, atau perangkat yang menambahkannya ke kendaraan yang sudah ada.

Raksasa teknologi itu memang memiliki opsi lain yang didesain untuk digunakan di dalam mobil.

Seperti Google Assistant Driving Mode yang hadir dengan Android 12 dan menawarkan pengalaman berkendara yang dioptimalkan untuk Google Maps dan Google Assistant, keduanya juga terintegrasi dengan aplikasi media.