<i>Update</i> Telegram Bawa Banyak Fitur dan Emoji Baru
Telegram update (Gadget Now)

Bagikan:

JAKARTA - Telegram hadirkan update versi 7.5.0 untuk pengguna aplikasi perpesanannya di ponsel Android dan iOS. Terdapat beberapa fitur baru yang dihadirkan, mulai dari fitur hapus pesan secara otomatis hingga emoji baru.

Sebelumnya, fitur ini hanya bisa digunakan untuk Secret Chat saja. Saat ini fitur tersebut bisa digunakan untuk menghapus seluruh pesan. Obrolan bisa dihapus secara otomatis setelah 24 jam dan 7 hari. Tergantung pengguna memilih yang mana.

“Berbeda dengan Secret Chat, hitungan mundur waktu penghapusan pesan akan dimulai setelah pesan dikirim, bukan setelah dibaca,” tulis Telegram melalui laman blog resminya, Jumat, 26 Februari.

Pengguna Android yang ingin menggunakan fitur tersebut bisa masuk ke ruang obrolan yang ditentukan. Setelah itu hanya perlu mengetuk tiga titik yang terletak di bagian atas kanan. Lalu, pilihlah menu “clear history”, dilanjutkan dengan mengklik “enable auto delete.”

Sedangkan untuk penguna iOS berbeda cara menghapus pesan otomatis di Telegram. Caranya, tinggal tekan dan tahan chat, lalu pilih menu “Select” kemudian ketuk “Clear Chat.” Langkah selanjutnya adalah menekan tulisan “Enable Auto Delete.”

Pembaruan aplikasi Telegram versi teranyar ini bakalan bisa memungkinkan pengguna mengontrol widget yang ada di Home Screen untuk iOS dan Android.

Widget

Terdapat dua widget yang dapat digunakan, yaitu Chat Widget dan Shortcut Widget. Chat Widget ini bisa menampilkan seluruh chat, sedankan dalam Shortcut Widget hanya akan menampilkan gambar profil dan nama pengguna saja.

Link Undangan Grup

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur undangan dalam waktu yang terbatas. Di sisi lain, pengguna juga bisa mengubah link undangan grup menjadi QR Code.

Broadcast Group

Fitur grup juga mendapat pembaruan. Bagi grup yang memiliki jumlah anggota melampaui batas, grup bisa diubah menjadi “broadcast group”. Fitur “broadcast group” bisa memiliki anggota dalam jumlah yang tak terbatas.

Sebagai catatan, di “broadcast group” ini hanya yang menjadi admin yang dapat mengirim pesan. Artinya, para anggota dalam grup ini tidak bisa mengobrol sebagaimana grup biasa.

Telegram juga bisa pindahkan chat dari aplikasi perpesanan lain. Fitur ini memungkinkan pengguna memindahkan chat dari aplikasi lain seperti WhatsApp. Jadi, pengguna tidak perlu risau lagi chat lamanya di aplikasi lain terhapus.

Emoji

Telegram tidak hanya menambahkan fitur baru dalam aplikasinya, perusahaan juga menambahkan emoji baru yang lebih menarik. Emoji baru ini akan semakin membuat obrolan bertambah asyik.