Deretan Fitur Baru Telegram, Mana yang Kamu Butuhkan?
Telegram mengumumkan pembaruan fitur reaksi pada pesan obrolan, status emoji dan peningkatan UI masing-masing untuk pengguna iOS dan Android. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Telegram mengumumkan pembaruan untuk beberapa fitur yang berkaitan dengan reaksi pada pesan obrolan, status emoji dan peningkatan UI masing-masing untuk pengguna iOS dan Android.

Pengguna aplikasi Telegram Premium sekarang memiliki pilihan reaksi tak terbatas. Mereka dapat mengirimkan reaksi pada pesan dengan maksimal menggunakan tiga emoji animasi.

Telegram meluncurkan Platform Emoji bulan lalu, siapa pun dapat mengunggah emoji animasi kustom mereka sendiri. Panel emoji juga diperluas sekarang untuk mengakomodasi lebih banyak emoji dan paket emoji.

Sementara untuk pengguna non-Premium, hanya mendapatkan satu baris pilihan reaksi emoji. Emoji Status sekarang juga tersedia untuk pengguna Premium, dengan kemampuan untuk mengatur emoji, stok atau kustom apa pun sebagai status profil.

Emoji Status dapat diatur dalam waktu tertentu, untuk mengaturnya, pengguna hanya perlu ketuk dan tahan lencana Premium di profil mereka.

Lebih lanjut, setiap pengguna juga sekarang memiliki tautan nama pengguna mereka sendiri dalam format baru tanpa garis miring, seperti namapengguna.t.me dari yang sebelumnya t.me/username atau https://t.me/username. Format tautan baru ini juga berlaku untuk grup dan saluran Telegram.

Tidak sampai di situ, pengguna Android juga sekarang dapat memprioritaskan unduhan file di aplikasi Telegram mereka dari tab Unduhan.

Saat mengunduh banyak file, tekan dan tahan salah satu item kemudian atur ulang urutan pengunduhan file dengan menyeretnya dari atas atau ke bawah. Fitur ini juga tersedia di iOS.

Melansir GHacks, Selasa, 20 September, aplikasi Android telah menerima beberapa peningkatan dalam animasi yang ditampilkan saat Anda mengakses file media dalam obrolan.

Versi terbaru aplikasi ini mampu mengubah warna ikon Telegram agar sesuai dengan warna tema dan pengaturan mode gelap ponsel Anda. Fitur ini eksklusif untuk perangkat yang menjalankan Android 13 atau yang lebih baru.

Terakhir, sekarang pengguna iOS bisa log in ke Telegram dengan alamat email mereka, dan tentunya dibarengi juga menggunakan kode otentikasi 2FA.