Deretan Fitur Anyar Telegram pada Penghujung Tahun 2021
Telegram baru saja meluncurkan beberapa fitur baru di aplikasinya. (foto: The Verge / Alex Castro

Bagikan:

JAKARTA - Sebelum 2021 berakhir, Telegram baru saja meluncurkan beberapa fitur baru di aplikasinya. Di antaranya adalah teks tersembunyi untuk menutupi spoiler film.

Jadi jika pengguna menemukan spoiler seperti film Spider-Man: No Way Home sebelum menontonnya, pengguna bisa menggunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan kata "Spider-Man: No Way Home". Fitur tersebut akan menyembunyikan teks dalam obrolan, pemberitahuan, dan daftar obrolan.

Fitur teks tersembunyi ini mirip dengan yang dimiliki Twitter. Aplikasi tersebut juga tak membiarkan pengguna melihat tweet atau konten yang enggan mereka lihat seperti spoiler film yang belum mereka tonton.

Ada pula reaksi gaya iMessage, di mana pengguna dapat mengetuk dua kali pesan apa pun untuk mengirim reaksi acungan jempol. Mengetuk sekali (atau menekan untuk di iOS) akan memungkinkan pengguna memilih emoji lain, seperti api, wajah terkejut, atau jempol ke bawah.

Emoji ini dapat diubah sesuai selera pengguna, dengan mengetuk dua kali default di Pengaturan Obrolan jika di Android, dan di bawah bagian Stiker dan Emoji di pengaturan iOS.

Dalam obrolan pribadi, reaksi selalu diaktifkan secara otomatis. Tetapi di grup maupun saluran, para admin dapat memutuskan apakah akan mengaktifkannya dan reaksi apa yang dapat dipilih anggota lain untuk digunakan.

Lebih lanjut dikutip dari Engadget, Jumat, 31 Desember, Telegram sekarang memiliki opsi terjemahan yang berguna. Melalui bagian Bahasa di Pengaturan, pengguna dapat mengaktifkan terjemahan, yang menambahkan tombol Terjemahkan ke menu konteks.

Pengguna dapat mengubah bahasa yang dapat mereka pahami dan tombol Terjemahkan tidak akan tersedia pada pesan yang mereka terima dalam bahasa tersebut.

Terjemahan tersedia di semua perangkat Android, tetapi pengguna iPhone dan iPad harus menjalankan iOS 15 atau lebih baru. Jumlah bahasa yang didukung Telegram tergantung pada sistem operasi pengguna.

Selain itu, pengguna dapat membuat kode QR untuk siapa saja dengan nama pengguna publik, serta bot, grup, dan saluran. Caranya, pengguna dapat mengetuk ikon kode QR di sebelah nama pengguna mereka, memilih warna dan pola sebelum membagikannya ke orang lain. Pengguna dapat menemukan kode QR sendiri di Pengaturan.

Lainnya, tim Telegram mendesain ulang menu konteks di macOS dengan petunjuk pintasan baru dan ikon animasi. Aplikasi akan menampilkan efek layar penuh dalam obrolan satu lawan satu saat pengguna mengirim emoji tertentu juga.

Beberapa fitur ini cukup membantu pengguna, mengingat Telegram kerap bersaing dengan Signal dan WhatsApp, ia harus terus menghadirkan pengalaman baru untuk pengguna.

Pada awal tahun ini saja Telegram sudah menambahkan panggilan video grup dan fitur lainnya, termasuk cara untuk memblokir orang lain dalam obrolan grup yang mengambil tangkapan layar dan menyimpan media bersama, serta streaming langsung dengan penonton tak terbatas.