Bawa Touch ID, Apple Mau Bikin Remote Control Canggih di Masa Depan
Apple mengintegrasikan teknologi biometrik Touch ID-nya ke dalam remote Apple TV. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apple dikatakan sedang bekerja untuk mengintegrasikan teknologi biometrik Touch ID-nya ke dalam remote Apple TV atau remote otomatisasi rumah, menurut sebuah paten baru.

Pertama kali dilaporkan oleh Patently Apple, raksasa Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu telah diberikan izin menggunakan patennya minggu ini. Paten anyar itu menggambarkan televisi jarak jauh, perangkat rumah, pintu, peralatan, dan lainnya dengan otentikasi biometrik.

Perlu diingat, bahwa ini adalah paten utilitas, bukan paten desain. Artinya, paten tersebut tidak memberikan gambaran tentang bagaimana desain asli yang akan digunakan untuk Apple TV atau remote otomatisasi rumah di masa depan, melainkan ide dari Apple tentang penggunaan sistem biometrik yang disertakan dengan remote.

Ide yang disajikan dalam paten tersebut adalah dimana remote, yang dapat digunakan untuk Apple TV atau otomatisasi peralatan di rumah, akan menampilkan satu atau dua sensor Touch ID.

Dengan menbawa teknologi tersebut, pengguna yang ingin membeli apapun dalam Apple TV, harus melakukan otentikasi dengan Touch ID lebih dahulu.

Tertulis di paten itu yang dikutip dari 9to5Mac, Kamis, 30 Desember, "Perangkat elektronik yang memiliki setidaknya satu pengaturan operasional, seperti pengaturan daya, dengan setidaknya keadaan pertama dan keadaan kedua. Perangkat elektronik juga dapat mencakup pengontrol akses yang dapat menerima data status dan data otorisasi dari sumber eksternal seperti remote control," tulisnya.

"Pengontrol akses dapat mengaktifkan status pengaturan operasional setelah menerima data otorisasi yang sesuai yang diterima dari atau terkait dengan output dari setidaknya satu sensor biometrik yang terkait dengan kendali jarak jauh," tambahnya.

Paten juga menyebutkan kemungkinan akan terintegrasi dengan fitur kontrol orang tua untuk membatasi apa yang dapat dilakukan anak-anak dengan remote.

Sebagai informasi, paten Apple tidak selalu membuahkan hasil dalam bentuk produk konsumen yang dapat dibeli. Namun demikian, menarik untuk melihat apa yang direncanakan dalam industri rumah pintar.