Siap Meluncur Pertengahan Maret, iPhone SE 2 Dibanderol Rp5 Jutaan
Ilustrasi (Geeksblog/GSM Arena)

Bagikan:

JAKARTA - Melanjutkan rumor dan analisis tentang Apple yang diduga akan meluncurkan iPhone SE 2 pada Maret mendatang. Berikut sejumlah spekulasi yang menyebut gawai tersebut akan terlihat mirip seperti iPhone 8.

Mengutip Apple Insider, Minggu 9 Februari, iPhone SE merupakan satu-satunya ponsel Apple yang memiliki ukuran 4 inci. Kabar beredar, iPhone SE 2 ini akan memiliki layar yang lebih besar sekitar 4,9 inci. Dibekali dengan chip bionic A13, RAM 3 GB dan harga yang jauh lebih murah dari iPhone seri X yakni sekitar 399 dolar AS atau setara Rp5,4 juta.

Model dari ponsel ini akan terlihat mirip dengan generasi sebelumnya. Apple juga membenamkan fitur Touch ID bukan Face ID, dengan menggunakan desain dari iPhone 8.

Sebelumnya diberitakan, Apple juga membekali iPhone SE 2 dengan satu kamera berukuran 12MP dengan aperature f/1.8 dan OIS di bagian belakangnya. Sementara, kamera depannya beresolusi 7MP dengan aperature f/2.2.

Sementara rumor lainnya, iPhone SE akan memiliki dua model dengan harga rendah yang diluncurkan pada 2020 ini, sedangkan versi layar besar akan muncul pada 2021.

iPhone SE 2 dibuat Apple agar kaum milenial dapat memiliki smartphone yang canggih dengan harga yang terjangkau, dan mereka juga menargetkan untuk memasuki pasar India, di mana gawai murah masih menjadi pilihan utama. Smartphone murah ini juga diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar di China.

Meski terbilang murah, Apple kabarnya akan memasok beragam pilihan warna dari iPhone SE 2 yakni abu-abu, perak dan warna merah. Seperti jajaran iPhone andalan Apple, pabrikan asal Cupertino, AS, ini tidak akan menampilkan 3D Touch, melainkan akan mengadopsi Haptic Touch. Opsi penyimpanan mungkin terdapat 64 GB dan 128 GB.

Tak sedikit penggemar Apple lebih memilih menggunakan iPhone SE, karena selain berbentuk kecil dan simpel, gawai itu juga mudah digenggam. Lainnya, Apple akan menjual ponsel ini antara 20 hingga 40 juta unit pada tahun ini.

Meskipun iPhone SE 2 belum dirilis, analis Apple Ming-Chi Kuo telah memprediksikan tentang seri selanjutnya pada 2021. Kuo memperkirakan Apple akan memperkenalkan iPhone SE 2 Plus dengan dimensi layar yang cukup besar, namun tidak memiliki Face ID, dan sensor sidik jari Touch ID yang ada di tombol daya. Perangkat tersebut diharapkan akan menampilkan layar LCD 5,5 atau 6,1 inci, dan kembali dipasarkan dengan harga murah.