YOGYAKARTA - Apple telah merilis update iOS 15.2 kepada pengguna perangkat mereka supaya bisa menikmati sejumlah fitur baru, salah satunya adalah mengecek riwayat perbaikan yang pernah dialami perangkat tersebut.
Riwayat perbaikan menjadi salah satu fitur iOS 15.2 yang berfungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah jual beli produk yang cacat atau rusak.
Adapun riwayat perbaikan tersebut dapat menampilkan komponen perangkat iPhone yang telah diganti. Karenanya Anda dapat mengetahui apa saja yang sudah diganti pada smartphone Anda sehingga terhindar dari penipuan saat memperbaikinya.
Fitur yang terdapat di iOS 15.2 itu pun dapat menunjukkan status keaslian dari komponen yang digunakan untuk mengganti kerusakan yang dialami oleh ponsel Anda.
Karenanya, Anda dapat mengetahui saat melakukan perbaikan ponsel, komponen yang rusak diganti dengan komponen asli produk Apple, atau produk tiruan.
Selain itu, jika Anda ingin membeli iPhone bekas, pengguna juga bisa memeriksanya terlebih dahulu supaya terhindar dari penjual yang tidak bertanggungjawab.
Untuk melakukan cek riwayat perbaikan iPhone Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.
Cek Riwayat Perbaikan iPhone
Untuk mengetahui riwayat perbaikan yang dilakukan terhadap iPhone, pastikan bahwa perangkat Anda sudah diupdate ke iOS 15.2. Pasalnya, hanya perangkat dengan sistem operasi terbaru tersebut yang bisa melakukan pengecekan riwayat perbaikan.
Setelah memastikan perangkat sudah diupdate, pengguna dapat melakukan cek riwayat perbaikan iPhone dengan membuka menu Pengaturan atau Setting.
Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan umum atau General di perangkat Anda, kemudian pilih opsi About atau tentang ponsel yang ada di menu bagian atas.
Gulir ke bawah hingga Anda menemukan menu Riwayat Perbaikan iPhone, yang berada di bawah bagian Serial Number perangkat Anda.
BACA JUGA:
Klik bagian Riwayat Perbaikan, dan Anda akan ditunjukkan mengenai rincian perbaikan yang pernah dilakukan terhadap perangkat Anda, termasuk penggantian komponen.
Jika Anda melakukan perbaikan perangkat di gerai resmi Apple, dan menggunakkan komponen resmi untuk mengganti bagian yang rusak, akan muncul tulisan "Genuine Apple Part".
Namun, apabila perbaikan dilakukan di tempat yang tidak resmi dan menggunakan yang tidak resmi pula, maka akan muncul indikator peringatan "Non-Genuine".
Dengan demikian, perangkat tersebut bisa mengalami masalah performa atau lainnya di kemudian hari karena menggunakan komponen yang tidak asli saat melakukan perbaikan.