Ini Cara Memeriksa Apakah iPhone Anda Memiliki Onderdil Palsu
Pengecekan onderdil sangat penting ketika membeli iPhone bekas. (foto: makeofus)

Bagikan:

JAKARTA - Saat membeli perangkat bekas atau mendapatkan perbaikan tidak resmi, Anda berisiko mendapatkan suku cadang palsu di iPhone Anda. iPhone bekas dapat memiliki beberapa cacat, maka sebaiknya beli perangkat yang masih memiliki suku cadang aslinya. Suku cadang iPhone asli dirancang tidak hanya untuk berfungsi, tetapi juga untuk memenuhi persyaratan keselamatan yang diperlukan untuk penggunaan sehari-hari.

Dengan iPhone asli, perangkat bekas Anda masih dapat dilindungi oleh garansi Apple untuk perbaikan atau penarikan produk cacat pabrik. Berikut adalah beberapa metode untuk mengetahui apakah iPhone bekas Anda masih memiliki semua bagian aslinya.

Perhatikan Notifikasi

Dengan iOS 13.1 dan yang lebih baru, Apple mulai mengeluarkan peringatan kepada pengguna iPhone yang memiliki suku cadang tidak asli. Meskipun ini biasanya muncul sebagai pemberitahuan di Layar Terkunci, Anda juga dapat membuka Pengaturan > Umum > Tentang.

Jika perangkat Anda memiliki bagian yang tidak asli, itu akan menampilkan peringatan yang mengatakan, "Tidak dapat memverifikasi bahwa iPhone ini memiliki [bagian] Apple asli." Ini mungkin terjadi untuk iPhone dengan tampilan aftermarket atau palsu.

Dengan iOS 14.1 dan yang lebih baru, iPhone dengan pengganti kamera resmi non-Apple juga akan menampilkan "Tidak dapat memverifikasi bahwa iPhone ini memiliki kamera Apple asli".

Saat ini, peringatan ini tidak mencakup semua bagian iPhone. Namun, kamera dan layar adalah dua bagian iPhone yang paling umum dengan masalah perbaikan.

Buka Pengaturan Kesehatan Baterai

Pada iPhone dengan suku cadang asli, kesehatan baterai secara alami menurun seiring waktu dan penggunaan. Namun, masa pakai baterai yang buruk juga bisa menjadi tanda bahwa perangkat Anda telah dirusak.

Kesehatan baterai yang menurun pada tingkat yang tidak biasa terkadang dapat menjadi indikasi bahwa perangkat Anda bekerja lebih keras untuk mengimbangi suku cadang yang tidak asli. Suku cadang palsu sering kali berfungsi pada tingkat yang mungkin dapat digunakan, tetapi tidak berkelanjutan dalam jangka panjang untuk iPhone Anda.

Pada tahun 2021, Apple merilis pembaruan yang memungkinkan semua model iPhone yang dirilis mulai 2018 dan seterusnya menunjukkan peringatan untuk baterai yang tidak asli. Jika Anda membeli iPhone XS, XS Max, XR, atau yang lebih baru, Anda akan mendapatkan peringatan ini secara otomatis.

Peringatan itu berbunyi, “Tidak dapat memverifikasi bahwa iPhone ini memiliki baterai Apple asli. Informasi kesehatan tidak tersedia untuk baterai ini.”

Setelah Apple mengidentifikasi bagian yang tidak asli,  maka akan menyimpan peringatan di Layar Kunci Anda selama empat hari dan di Pengaturan selama 15 hari. Anda juga dapat memeriksa Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai kapan saja.

Lihatlah Indikator Deteksi Cairan

Setiap generasi iPhone memiliki sensor air bawaan yang terletak di dalam slot baki kartu SIM, seperti yang dijelaskan di situs web Dukungan Apple. Untuk model iPhone lama, sensor cair juga ada di dalam jack headphone atau konektor dock pengisian daya. Sebagian besar pembuat iPhone palsu tidak akan menyalin indikator deteksi cairan karena hanya sedikit orang yang mau memeriksanya.

Secara umum, Apple menggunakan indikator putih, tetapi akan berubah menjadi merah atau merah muda setelah terkena air. Indikator deteksi cairan membantu mengidentifikasi apakah ponsel bekas Anda pernah mengalami kerusakan air sebelumnya dan berisiko mengalami korosi.

Jika Anda menentukan bahwa iPhone Anda mengalami kerusakan air, kemungkinan iPhone juga memiliki riwayat perbaikan dari penyedia layanan tidak resmi. Pusat perbaikan bersertifikat Apple hanya diizinkan untuk mengganti seluruh perangkat jika terkena cairan, bukan satu per satu.

Bawa iPhone Anda ke Apple Store

Ketika semuanya gagal dan Anda masih tidak yakin apakah perangkat Anda sah atau tidak, Apple dapat memberi tahu Anda dengan pasti.