Jangan <i>Kegocek</i>! Begini Tips Menemukan Aplikasi ChatGPT Palsu di Apple App Store
Cara menemukan ChatGPT palsu (foto: OpenAI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepopuleran ChatGPT oleh OpenAI membuat banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi AI yang sama atau bahkan yang lebih canggih.

Tidak hanya untuk perusahaan, popularitas ChatGPT juga membuat masyarakat yang awalnya awam dengan teknologi AI, berlomba-lomba untuk mencobanya. Sayangnya, sebagian dari mereka mungkin mencoba mendownload ChatGPT dari App Store yang palsu atau berbahaya.

Apakah ChatGPT Memiliki Aplikasi iOS Resmi?

Sayangnya, ChatGPT dari OpenAI belum memiliki aplikasi iOS resminya. Untuk saat ini, Anda perlu menggunakan ChatGPT melalui web browser saja. Jadi, jika Anda menemukan aplikasi apa pun yang mengklaim sebagai aplikasi ChatGPT resmi, Anda perlu berhati-hati.

Karena dengan kepopuleran ChatGPT ini bisa menjadi peluang penjahat dunia maya untuk menargetkan sekelompok besar pengguna untuk menipu mereka. Atau lebih parahnya, mungkin mereka akan mengambil data pribadi Anda.

Bagaimana Cara Menemukan Aplikasi Palsu di Apple App Store?

Mungkin, dengan mengatahui bahwa ChatGPT belum memiliki aplikasi resmi sudah bisa membuat Anda berpikir bahwa apapun aplikasi yang mengklaim dirinya sebagai ChatGPT adalah palsu. 

Namun, VOI akan memberikan beberapa cara yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam menemukan aplikasi ChatGPT palsu di App Store.

Periksa Nama Pengembang

Cara paling mudah untuk mengidentifikasi aplikasi palsu adalah dengan memeriksa nama pengembangnya. Seperti yang telah disebutkan, ChatGPT resmi dibuat oleh OpenAi. Jadi, jika Anda menemukan aplikasi yang mengaku sebagai aplikasi ChatGPT resmi tapi nama pengembangnya berbeda, kemungkinan besar itu adalah versi palsu.

Cari Ulasan Aplikasi

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah memeriksa ulasan aplikasi yang ingin Anda unduh. Jika ada serangkaian ulasan negatif, itu mungkin pertanda ada yang salah dengan aplikasi tersebut. Penting juga untuk memeriksa apakah ulasan dibuat oleh orang sungguhan atau tidak, karena sekarang banyak sekali ulasan palsu yang bertebaran.

Tinjau Izin Aplikasi

Cara andal lainnya untuk menemukan aplikasi palsu di App Store adalah dengan melihat izin aplikasinya. Jika suatu aplikasi meminta izin lebih untuk mengakses perangkat Anda lebih dari yang diperlukan, maka itu bisa jadi tanda bahwa aplikasi tersebut tidak sah. 

Periksa Logo dan Kesalahan Tata Bahasa

Penting bagi Anda untuk memeriksa logo, grafik, dan deskripsi layanan, karena aplikasi palsu sering kali menggunakan logo yang kedaluwarsa, kualitas grafik yang buruk, dan memiliki kesalahan tata bahasa dalam deskripsi. 

Periksa Jumlah Unduhan

Anda juga bisa mendapatkan gambaran tentang kepercayaan suatu aplikasi dengan memeriksa jumlah unduhan. Umumnya, aplikasi dengan banyak diunduh biasanya adalah aplikasi yang terbukti asli dan andal karena telah diverifikasi dan diuji oleh pengguna lain.