Hati-hati! Ada Aplikasi ChatGPT Palsu Banjiri App Store dan Google Play Store
Ilustrasi Photo ChatGPT (foto: dok. Freepik)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi ChatGPT tidak resmi dilaporkan menjadi tren di App Store dan Play Store. Penipu terlihat tidak menyianyiakan popularitas AI chatbot milik OpenAI tersebut.

Bsnyak korban yang tertipu dengan aplikasi palsu ChatGPT. Sebab, hanya dalam waktu kurang dari sebulan, aplikasi yang tidak terkait dengan OpenAI membanjiri masing-masing toko online Apple dan Google tersebut.

Aplikasi itu, menjanjikan pengguna akses fungsionalitas ChatGPT dengan biaya tertentu, sekitar 9,99 pound sterling atau setara Rp184 ribuan seminggu untuk berlangganan.

Menurut Similarweb, aplikasi palsu paling populer itu adalah, ChatGPT Chat GPT AI With GPT-3, yang saat ini menjadi aplikasi produktivitas gratis nomor satu teratas di App Store di Inggris Raya.

Diterbitkan oleh perusahaan bernama Social Media Apps & Games GmbH, tautan ke situs web mereka tampaknya tidak mengarah ke mana pun sekarang. Situs web tersebut mendorong pengunjung untuk merasakan kekuatan AI dari Ponsel Anda! dan kesempatan untuk Mencoba ChatBot GPT kami sekarang!

Kemudian, terdapat juga jendela pop-up memberi tahu pengguna untuk mengunduh aplikasi. Selain itu, aplikasi tersebut juga menggunakan logo OpenAI dengan nama yang jelas dimaksudkan untuk muncul di pencarian ChatGPT.

Ini bukan satu-satunya aplikasi yang menagih korbannya untuk menggunakan alat ChatGPT yang sebenarnya tersedia secara gratis. Aplikasi lain bernama Wiz AI Chat Bot Writing Helper juga sedang menaiki daftar aplikasi produktivitas teratas Apple.

Pada dasarnya, pengguna dapat menggunakan mesin ChatGPT-3 OpenAI untuk membuat kode, menghasilkan tulisan kreatif, menulis resep, dan bahkan tweet untuk berlangganan mingguan sebesar Rp184 ribuan.

Melansir Mirror, Jumat, 13 Januari, sepertinya penggemar ChatGPT tidak perlu lagi menggunakan aplikasi palsu, sebab diklaim Open AI sedang mengembangkan aplikasi resminya untuk berbagai ponsel cerdas.

Menurut postingan LinkedIn dari pemodal ventura dan podcaster, Jason Calacanis menyatakan telah diberi akses ke versi beta, OpenAI sedang mengerjakan aplikasi iOS yang diberdayakan ChatGPT. Namun, sampai itu tersedia pengguna masih harus tetap menggunakan versi browser web untuk menggunakan ChatGPT.

Sebagai informasi, OpenAI telah membuat alat itu gratis untuk saat ini, tetapi kemungkinan besar perusahaan akan menetapkan biaya untuk versi berlangganan ChatGPT Professional.