Siap-siap, Aplikasi ChatGPT untuk Android Tersedia Minggu Depan
Oogle play store ChatGPT. (Foto: Tangkapan layar/Dinda)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah berjanji untuk meluncurkan aplikasi ChatGPT untuk Android saat peluncurannya untuk iOS dua bulan lalu, OpenAI akhirnya mengumumkan bahwa aplikasi ChatGPT untuk Android tersedia minggu depan.

"Mengumumkan ChatGPT untuk Android! Aplikasi ini akan diluncurkan kepada pengguna minggu depan, dan Anda dapat memesan di muka di Google Play Store mulai hari ini," tulis OpenAI di Twitter.

Selain itu, daftar Google Play-nya juga sudah aktif, dan pengguna dapat melakukan pra pendaftaran untuk mengunduhnya segera setelah aplikasi resmi diluncurkan.

Meski demikian, belum jelas apakah aplikasi ini awalnya hanya akan tersedia di AS seperti aplikasi iPhone atau tidak, tapi menurut pantauan VOI, pengguna di Indonesia sudah bisa mendaftar pengunduhan di Play Store sekarang.

Sampai saat ini, pengguna Android dapat mengakses ChatGPT hanya melalui browser saja, dan mungkin harus melihat antarmuka situs yang cukup rumit. Nah, dengan hadirnya aplikasi ini, berarti antarmuka ChatGPT akan dioptimalkan untuk seluler. Selain itu, akan terdapat juga fitur yang disesuaikan untuk pengguna di platform.

Pengguna iOS, misalnya, mendapat dukungan untuk terintegrasi dengan Siri dan Shortcut pada bulan Juni lalu. Mereka juga dapat membuat permintaan ChatGPT di Shortcut dan menyimpannya sebagai tautan untuk dikirim ke teman.

Di sisi lain, OpenAI baru-baru ini mulai menguji fitur keikutsertaan baru untuk pelanggan ChatGPT Plus yang memberikan AI chatbot memori berkelanjutan. Dengan fitur ini, chatbot akan mengingat siapa pengguna di seluruh percakapan.

Fitur ini dirancang untuk bekerja di seluruh platform, yang berarti pengguna Android berbayar kemungkinan besar akan melihat memori berkelanjutan di aplikasi mereka saat diluncurkan.