Aplikasi ChatGPT versi Android Muncul di Google Play Store Indonesia, Bisa Download?
Tangkapan Layar ChatGPT di Android (foto: Citra/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - OpenAI resmi meluncurkan ChatGPT untuk Android, startup Kecerdasan Buatan (AI) yang disokong oleh Microsoft.

Peluncuran baru ini mengikuti debut aplikasinya juga di iOS pada Mei lalu, menandai pertama kalinya tersedia di luar situs web OpenAI.

Mirip dengan versi iOS, chatbot bisa digunakan untuk memberikan saran, jawaban dan tanggapan lain kepada pengguna.

Selain itu, mereka juga dapat membuat permintaan suara menggunakan pengenalan ucapan internal OpenAI, menyinkronkan riwayat obrolan di seluruh perangkat, dan mengekspor data.

Namun, pengguna akan kehilangan sebagian besar plugin. Pelanggan ChatGPT Plus juga bisa beralih antara model bahasa standar (GPT-3.5) dan GPT-4.

Untuk menjajal ChatGPT versi Android, pengguna memerlukan setidaknya Android 6.0 atau yang lebih baru. Sayangnya, ketika VOI mencoba mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store, ChatGPT belum tersedia di Indonesia.

VOI diminta untuk melakukan registrasi (daftar tunggu), yang nantinya jika aplikasi ini tersedia di Tanah Air, bisa langsung otomatis mengunduh di ponsel.

Menurut OpenAI melalui akun X resminya, ChatGPT versi Android itu baru hadir di Amerika Serikat (AS), India, Bangladesh, dan Brasil. Perusahaan berencana untuk memperluas peluncurannya ke lebih banyak negara selama minggu depan.

Meskipun itu adalah aplikasi ChatGPT resmi pertama di Android, ini bukan chatbot OpenAI pertama di pasaran. Perusahaan juga memberdayakan Bing AI, chatbot milik Microsoft yang telah tersedia di Android selama berbulan-bulan. Demikian dikutip dari Engadget dan Mashable, Rabu, 26 Juli.