Aplikasi ChatGPT untuk iOS Ungguli Bing dan Edge dengan 500 Ribu Unduhan
Aplikasi ChatGPT yang baru tersedia untuk pengguna iOS sudah memiliki lebih dari 500.000 unduhan. (foto: dok. OpenAI)

Bagikan:

JAKARTA - Hanya butuh waktu kurang dari seminggu, aplikasi ChatGPT yang baru tersedia untuk pengguna iOS sudah memiliki lebih dari 500.000 unduhan.

Dengan angka tersebut, membuat ChatGPT milik OpenAI menjadi salah satu aplikasi dengan kinerja tertinggi pada 2022 dan 2023. Aplikasi ini hanya dapat disaingi oleh peluncuran Truth Social yang dibesut Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump pada Februari 2022.

Menurut penyedia intelijen aplikasi, data.ai, ChatGPT juga unggul dari pesaingnya seperti Bing dan Edge milik Microsoft, yang juga menawarkan teknologi GPT-4 OpenAI.

Microsoft Bing hanya memiliki 340.000 unduhan, sementara Edge mengantongi 335.000 unduhan di iOS dan Android dalam periode awal lima hari pada Februari lalu.

ChatGPT dengan mudah unggul 480.000 pemasangan di hari pertama peluncuran, dibandingkan Bing 250.000 dan Edge 195.000 unduhan. Data keseluruhan ini mencakup penggunaan di wilayah AS.

Diketahui, ChatGPT diluncurkan pada November tahun lalu, tetapi model bahasanya hanya tersedia di situs web resmi OpenAI.

Sejak saat itu, sejumlah aplikasi telah muncul di App Store dan Google Play Store, yang mengklaim dapat menghubungkan pengguna ke ChatGPT ke ponsel mereka.

OpenAI akhirnya memutuskan untuk meluncurkan aplikasi iOS dan iPad resmi ChatGPT untuk pengguna di AS. Perusahaan juga telah berjanji untuk segera membuat aplikasi tersebut tersedia di perangkat Android.

Sekarang, ChatGPT untuk iOS telah diperluas ke negara lainnya. Termasuk negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman, Irlandia, Selandia Baru, Nigeria, Korea Selatan, dan Inggris awal pekan ini.

Terbaru, ChatGPT meluncur di Aljazair, Argentina, Azerbaijan, Bolivia, Brasil, Kanada, Chili, Kosta Rika, Ekuador, Estonia, Ghana, India, Irak, Israel, Jepang, Yordania, Kazakhstan, Kuwait, Lebanon, Lituania, Mauritania, Mauritius, Meksiko, Maroko, Namibia, Nauru, Oman, Pakistan, Peru, Polandia, Qatar, Slovenia, Tunisia, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Pengguna dengan langganan ChatGPT Plus dapat menggunakan GPT-4 bahasa terbaru OpenAI di iPhone mereka. Fitur lain yang bisa diakses, termasuk dukungan plugin, balasan instan, dan penghapusan waktu tunggu.

Bahkan, pengguna juga bisa mengajukan pertanyaan dengan menggunakan suara mereka. Demikian dikutip dari TechCrunch dan Livemint, Jumat, 26 Mei.