Microsoft Resmi Luncurkan Bing Chat di Google Chrome dan Apple Safari
Ilustrasi. (dok. Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akhirnya secara resmi mengumumkan aplikasi Bing Chat-nya untuk browser pihak ketiga, seperti Google Chrome dan Apple Safari.

Chatbot Kecerdasan Buatan (AI) ini nantinya dapat bekerja baik itu di browser pihak ketiga desktop maupun versi selulernya.

"Dengan begitu banyak fitur baru dan berguna yang kini menjadi bagian dari Bing, kami dengan senang hati mengumumkan bahwa Anda dapat segera mulai menggunakan Bing baru yang didukung AI di browser pihak ketiga di web dan seluler," ujar Microsoft dalam pengumumannya, dikutip Selasa, 8 Agustus.

Dengan Bing Chat, pengguna dapat menanyakan berbagai pertanyaan dengan gambar untuk memahami konteks, menafsirkannya, dan menjawab pertanyaan tentang gambar tersebut.

"Langkah selanjutnya dalam perjalanan ini memungkinkan Bing untuk menampilkan nilai luar biasa dari jawaban yang diringkas, pembuatan gambar, dan lainnya, kepada lebih banyak orang," ungkap Microsoft.

Namun, jika pengguna ingin pengalaman Bing Chat terbaik, perusahaan menyarankan pengguna untuk menggunakan Bing di browser Microsoft Edge.

"Dengan Edge, Anda akan membuka percakapan yang lebih panjang, riwayat obrolan, dan lebih banyak fitur Bing yang terpasang langsung di browser. Untuk merasakan browser terbaik untuk Bing, dan mendapatkan fitur lengkap," jelas Microsoft.

Meski mengeluarkan Bing Chat dari browser utamanya adalah pilihan yang berani bagi Microsoft, tetapi perusahaan tetap mengurangi beberapa fungsionalitas chatbot.

Bing Chat di browser pihak ketiga hanya memiliki 2.000 karakter di mana jauh lebih rendah dibandingkan dengan batasan 4.000 karakter di Microsoft Edge.

Kemudian, batas giliran chatbot yang didukung ChatGPT-4 milik OpenAI di Chrome dan Safari hanya ditetapkan menjadi lima pesan per percakapan, berlawanan dengan 30 pesan yang dapat digunakan di browser utama.

Terlebih, pengguna yang menggunakan Sistem Operasi (OS) Windows 10 atau 11 juga akan menerima pemberitahuan di bilah tugas untuk mendorong mereka mengunduh dan beralih ke Microsoft Edge guna pengalaman yang lebih baik.

Terakhir, pengguna juga bisa menggunakan Mode Gelap untuk lebih nyaman saat mengobrol dengan Bing Chat di desktop dan seluler.

"Fitur ini, yang menghemat baterai dan lebih nyaman di mata Anda, sekarang berfungsi di Bing Chat dan Bing Chat Enterprise di browser desktop Anda, dan juga tersedia di aplikasi seluler Bing. Ini adalah fitur lain yang paling banyak diminta, dan kami senang telah menghadirkannya untuk Anda," tutur Microsoft.