Bagikan:

JAKARTA - Brave, peramban yang dikenal dengan fokusnya pada privasi, telah mengumumkan peluncuran fitur pencarian gambar dan video pada platform Brave Search-nya. Langkah ini menjadi langkah signifikan dalam upaya perusahaan untuk memberikan pengalaman pencarian yang bebas sensor dan menjaga privasi para pengguna, sesuatu yang sebelumnya tidak tersedia dalam mesin pencari seperti Google dan Bing.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil pencarian gambar dan video langsung dari indeks mesin pencari tanpa harus keluar dari ekosistem Brave. Selain menawarkan kebebasan dari sensor dan menjaga privasi, Brave juga menjanjikan kecepatan dan efisiensi yang lebih baik daripada bergantung pada penyedia pihak ketiga.

Meskipun peluncuran fitur ini merupakan tonggak penting bagi Brave Search, perjalanan untuk mencapai titik ini tidaklah mudah. Pada awalnya, peramban ini memulai perkenalannya sebagai versi beta pada Juni 2021. Saat itu, 13 persen dari kueri pencarian menggunakan indeks dari penyedia pihak ketiga. Namun, dalam setahun waktu, angka ini turun menjadi 7 persen dari total kueri.

Pentingnya independensi dalam mesin pencari membuat Brave memutuskan hubungan dengan semua API pihak ketiga pada April 2023. Meskipun ini berarti pengguna harus menggunakan Google atau Bing untuk mencari gambar atau video, perusahaan menjelaskan bahwa langkah ini bersifat sementara dan diambil untuk memastikan pengguna tetap bisa menemukan hasil pencarian dengan kerumitan minimum.

Saat ini, pengguna Brave dapat dengan mudah mengakses hasil pencarian gambar dan video tanpa meninggalkan platform. Dengan mempertimbangkan umpan balik dari pengguna. Brave terus mengembangkan fitur ini untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih baik, meskipun fitur tingkat lanjut seperti jenis lisensi atau rasio aspek masih dalam tahap pengembangan.

"Ini adalah keputusan sementara untuk membantu pengguna menemukan hasil dengan kerumitan minimum, sementara kami bekerja untuk menawarkan opsi pencarian gambar dan video yang berkelanjutan, menjaga privasi, dan independen," kata perusahaan tersebut.

Dalam kesempatan ini, perusahaan juga menyatakan rencananya untuk terus mendengarkan umpan balik dari pengguna dan mengembangkan mesin pencari berdasarkan preferensi mereka. Saat ini, Brave Search dapat diakses di search.brave.com dan menjadi mesin pencari default di peramban Brave. Melangkah ke depan, Brave berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak produk yang memungkinkan pengguna memilih dengan transparansi saat mencari informasi secara online.