Ini 8 Alasan Mengapa  <i>Browser</i> BRAVE Layak  untuk Dicoba
Browser BRAVE menawarkan privasi yang lebih baik dibandingkan Google Chrome.

Bagikan:

JAKARTA - Brave adalah browser open-source yang awalnya didasarkan pada Chromium. Tidak seperti Google Chrome, browser sangat berfokus pada kinerja dan privasi pengguna. Tidak diragukan lagi, Google Chrome adalah peramban web yang mengesankan, selama hampir satu dekade, Google Chrome telah menjadi pilihan dominan untuk pengalaman peramban web modern.

Jadi, untuk menghadirkan pendekatan berbeda terhadap apa yang ditawarkan Google, Anda akan menemukan beberapa alternatif chrome yang tersedia. Brave adalah salah satu yang populer. Ini beberapa alasan browser Brave menjadi sangat populer.

1. Menjauh dari Teknologi Besar

Layanan dan produk raksasa internet terus mendominasi web. Sementara mereka berusaha memberikan yang terbaik, selalu menyegarkan untuk memiliki pilihan yang berbeda. Keuntungan memiliki pesaing seperti Brave memastikan bahwa teknologi besar tidak mendikte pilihan pengguna.

Juga, raksasa teknologi sering dianggap anti-persaingan. Tetapi pengguna yang memilih alternatif seperti browser Brave, mendorong persaingan yang sehat untuk mereka, yang merupakan hal yang baik.

2. Menghormati Privasi

Jika Anda menjelajahi web, aktivitas Anda dilacak dengan satu atau lain cara. Tetapi tidak semua orang ingin memberikan informasi mereka secara online. Brave mempraktikkan kebijakan privasi yang lebih baik dengan tidak mengumpulkan aktivitas penelusuran pengguna.

Semua yang Anda lakukan di browser tetap bersifat pribadi di perangkat Anda dan tidak akan dibagikan dengan pihak ketiga mana pun. Selain itu, Brave mengenkripsi data sinkronisasi Anda untuk secara mulus menggunakan pengaturan browser dan bookmark yang sama di beberapa perangkat.

3. Pengalaman Penjelajahan Lebih Cepat

Chrome umumnya diketahui memakan sumber daya sistem, terutama jika Anda memiliki banyak hal yang terjadi di browser web Anda. Brave secara mengejutkan menawarkan pengalaman yang lebih cepat dengan fokus untuk menjadi lebih hemat sumber daya.

Brave mengklaim bahwa ia membutuhkan memori 33 persen lebih sedikit jika dibandingkan dengan Chrome dan memiliki dampak yang lebih rendah pada masa pakai baterai sistem Anda. Ini dapat bervariasi tergantung pada konfigurasi sistem Anda, tetapi umumnya Brave berhasil memberikan pengalaman yang lebih cepat.

4. Sumber Terbuka

Chrome adalah proyek berpemilik yang awalnya didasarkan pada Chromium (yang merupakan sumber terbuka). Tetapi Brave adalah peramban web sumber terbuka sepenuhnya. Jadi, siapa pun dapat memeriksa kode sumber untuk memverifikasi klaim dan menilai keamanan browser jika diperlukan.

Ada manfaat lain menggunakan perangkat lunak sumber terbuka juga, seperti keterlibatan komunitas untuk menambahkan fitur, dan beberapa lainnya.

5. Mengalahkan Sensor

Sebagian besar web terpusat. Dengan kata lain, sumber daya yang Anda akses biasanya disimpan di lokasi penyimpanan pusat. Brave mengintegrasikan protokol IPFS yang memungkinkan Anda mengakses web terdesentralisasi.

Ini memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan jaringan peer-to-peer di mana Anda dapat mengakses sumber daya menggunakan IPFS. Ini menjamin bahwa tidak ada yang dapat mengontrol atau membatasi akses ke sumber daya. Oleh karena itu, dengan fitur terintegrasi ini, browser Brave dapat menjadi alat yang efektif untuk mengalahkan sensor web.

Selain itu, dengan bantuan protokol IPFS, Anda dapat dengan mudah mendistribusikan sumber daya tanpa mengkhawatirkan sumber daya atau biaya server, yang juga membuatnya lebih mudah diakses.

6. Pemblokiran Pelacak

Ada beberapa jenis teknologi pelacakan yang digunakan untuk melacak pengguna internet. Beberapa pelacakan dapat membantu membuat web lebih berguna. Tetapi pelacak lain mungkin mengumpulkan terlalu banyak data dari aktivitas penjelajahan Anda.

Di sinilah Brave masuk untuk menawarkan fitur perlindungan privasi bawaan, di mana Anda dapat memilih untuk memblokir pelacak. Fitur ini juga dapat menghilangkan kebutuhan untuk mencari ekstensi chrome yang berfokus pada privasi.

7. Hadiah BRAVE

Biasanya, Anda mendukung situs web favorit Anda dengan tidak memblokir iklan yang ditampilkan. Namun dengan Brave, Anda mendapatkan cara lain untuk membantu pembuat situs web, melalui Brave Rewards.

Ini sepenuhnya opsional, tetapi dengan Brave Rewards, Anda dapat memperoleh token saat mengunjungi dan menghabiskan waktu berinteraksi dengan situs web. Anda akan menemukan dompet yang terintegrasi dengan browser Brave, yang menyimpan token ini, dan Anda dapat menyumbangkannya ke situs web favorit Anda, jika Anda mau.

Juga, Anda dapat menambahkan dana ke dompet Anda menggunakan mata uang apa pun dan membelanjakannya untuk mendukung penerbit yang terdaftar di Brave Rewards.

8. Integrasi Tor

Untuk tingkat privasi yang ditingkatkan, jaringan Tor adalah cara yang tepat. Sayangnya, cara termudah untuk menggunakannya adalah melalui browser Tor, yang bukan browser yang paling ramah pengguna atau berorientasi kinerja.

Berkat Brave, Anda dapat menggunakan konektivitas Tor melalui mode penjelajahan pribadi. Perlu dicatat bahwa ini bukan pengganti lengkap browser Tor, tetapi jaringan Tor digunakan sebagai proxy untuk menyembunyikan IP dan lokasi asli Anda.

9. Fitur Firewall dan VPN Premium untuk Perangkat iOS

IOS Apple adalah semua tentang layanan yang terintegrasi erat. Brave mencoba meningkatkan kedudukannya dengan menawarkan firewall dan layanan VPN yang dapat Anda gunakan melalui browser, meskipun ini merupakan opsi berbayar tambahan.

10. Layanan Terintegrasi seperti Pencarian “BRAVE”

Brave bukan hanya browser, tetapi juga menawarkan beberapa penawaran lain seperti solusi periklanan pribadi, web terdesentralisasi, dan banyak lagi. Pencarian BRAVE adalah sesuatu yang mengesankan bagi mereka. Ini bertujuan untuk menjadi mesin pencari independen dan berfokus pada penyediaan hasil pencarian yang ramah privasi.