Emirat Abu Dhabi Buka Sumber Model Kecerdasan Buatan Falcon 40B untuk Penelitian dan Penggunaan Komersial
Sekretaris Jenderal ATRC, Faisal Al Bannai. (foto: twitter @atrcuae)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Emirat Abu Dhabi telah mengumumkan bahwa mereka akan menyediakan model kecerdasan buatan berskala besar yang bernama "Falcon 40B" sebagai open source untuk kepentingan penelitian dan komersial. Advanced Technology Research Council (ATRC), lembaga riset pemerintah Abu Dhabi, mengumumkan langkah ini pada  Kamis, 26 Mei.

VentureOne, cabang investasi komersial ATRC, juga akan mendukung ide-ide yang layak yang muncul dari penggunaan model ini.

Falcon 40B adalah model bahasa besar yang mendasar (large language model) dengan 40 miliar parameter dan dilatih menggunakan satu triliun token. Model ini dikembangkan oleh Technology Innovation Institute (TII), sebuah pusat riset di bawah ATRC.

"TII menyediakan akses ke berat model ini sebagai paket open-source yang lebih komprehensif," kata ATRC, dikutip Reuters. "Sementara sebagian besar model bahasa besar memberikan lisensi eksklusif hanya kepada pengguna non-komersial, TII telah mengambil langkah penting dengan menawarkan peneliti dan pengguna komersial akses ke Falcon 40B LLM."

Abu Dhabi adalah ibu kota Uni Emirat Arab, sebuah federasi yang terdiri dari tujuh emirat. Pemerintah Abu Dhabi telah mengembangkan industri teknologi mereka dengan pesat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk mendirikan perusahaan kecerdasan buatan dan komputasi awan G42 AI serta kelompok teknologi pertahanan EDGE.

"Kami ingin berkontribusi pada komunitas untuk mempercepat penggunaan kecerdasan buatan," kata Sekretaris Jenderal ATRC, Faisal Al Bannai, kepada Reuters. Bannai juga menjabat sebagai chairman EDGE.

Ebtesam Almazrouei, seorang direktur TII, mengatakan bahwa mereka ingin mendukung penggunaan kecerdasan buatan generatif tidak hanya dalam chatbot, tetapi juga dalam bidang rekayasa, kesehatan, penyesuaian, dan pemrograman.

Seiring dengan perusahaan-perusahaan di seluruh dunia yang berlomba-lomba meluncurkan produk kecerdasan buatan dalam beberapa bulan terakhir, kekhawatiran semakin meningkat tentang bagaimana teknologi ini dapat menyebabkan pelanggaran privasi, penipuan, dan kampanye informasi yang salah.

"Penempatan platform-platform ini dengan parameter mereka sendiri, untuk dilatih, berarti kami tidak memiliki akses ke data yang masuk ke dalam platform-platform tersebut," kata Bannai ketika ditanya tentang kekhawatiran privasi terkait model Falcon tersebut.