Microsoft Segera Luncurkan Copilot di Windows 11, Siap-siap untuk Transformasi Revolusioner!
Panos Panay, kepala divisi Windows dan perangkat di Microsoft. (foto: twitter @panos_panay)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft akan menambahkan asisten kecerdasan buatan (AI) bernama Copilot ke Windows 11. Seperti halnya sidebars Copilot di Edge, aplikasi Office, dan bahkan GitHub, Windows Copilot ini akan terintegrasi langsung ke Windows 11 dan dapat diakses dan digunakan dari taskbar di semua aplikasi dan program.

"Setelah dibuka, side bar Windows Copilot tetap konsisten di semua aplikasi, program, dan jendela, selalu tersedia sebagai asisten pribadi Anda," ungkap Panos Panay, kepala divisi Windows dan perangkat Microsoft, dikutip The Verge.

"Ini membuat setiap pengguna menjadi pengguna yang cakap, membantu Anda mengambil tindakan, menyesuaikan pengaturan Anda, dan terhubung dengan lancar melalui aplikasi favorit Anda," tambahnya.

Windows Copilot dapat merangkum konten yang Anda lihat di aplikasi, mengubahnya, atau bahkan menjelaskannya. Tampilannya sangat mirip dengan kotak dialog yang ada di Bing Chat, sehingga Anda dapat mengajukan pertanyaan umum dan hal-hal yang biasanya Anda tanyakan pada mesin pencari.

Windows Copilot tidak akan langsung menggantikan bilah pencarian di taskbar Windows 11, tetapi akan ada tombol Copilot terpisah di sampingnya, mirip dengan cara Cortana memiliki ruang tersendiri di taskbar Windows 10. Menurut Microsoft, Windows Copilot adalah "asisten pribadi," yang terdengar mirip dengan bagaimana Microsoft menjelaskan Cortana sebagai "asisten produktivitas pribadi."

Karena Copilot terintegrasi ke dalam Windows, Anda juga dapat melakukan hal-hal seperti meminta asisten ini untuk "menyesuaikan pengaturan saya agar saya bisa fokus" atau melakukan tindakan lain di PC. Ini jauh lebih dari sekadar tautan Bing Chat dasar yang ditambahkan oleh Microsoft ke taskbar pada awal tahun ini.

Karena Windows Copilot dibangun di atas dasar yang sama dengan Bing Chat, Microsoft bahkan memungkinkan pengembang untuk memperluas plug-in yang ditulis untuk Bing atau ChatGPT milik OpenAI ke asisten yang didukung AI ini.

Hal ini membuka peluang untuk banyak fungsi baru yang pengembang ciptakan untuk ChatGPT dan Bing, serta peningkatan di masa depan yang secara otomatis akan diteruskan ke Windows Copilot.

Microsoft telah memberikan petunjuk tentang membangun fitur AI ke dalam Windows selama enam bulan terakhir, setelah Panay mengklaim pada bulan Januari bahwa "AI akan mengubah cara Anda melakukan segala hal di Windows."

Banyak yang mengharapkan Microsoft akan menunggu hingga versi Windows berikutnya, tetapi perusahaan tersebut jelas melanjutkan ambisi AI Windowsnya.

Microsoft akan memulai pengujian publik Windows Copilot pada bulan Juni sebelum meluncurkannya secara lebih luas kepada pengguna Windows 11 yang sudah ada.