Microsoft Hadirkan Copilot dan Dukungan AI Pada Pembaruan Windows 11
Microsoft rilis Windows 11 versi 23H2 Build 22631. (Dok. Microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Microsoft, perusahaan teknologi komputer multinasional, kembali membawa kabar gembira. Kali ini, Microsoft memberikan pengumuman terkait perilisan Windows 11 versi 23H2 Build 22631.

Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini akan memberikan beberapa akses baru. Dikutip dari The Verge, Windows 11 versi 2023 akan memiliki 150 fitur baru, termasuk Windows Copilot dan penambahan Kecerdasan Buatan (AI) pada aplikasi Paint, Snipping Tool, dan Foto.

Windows Copilot menjadi highlight dari pembaruan Windows 11. Fitur terbaru ini akan menghadirkan Bing Chat yang langsung diarahkan ke desktop dan muncul sebagai sidebar.

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengontrol pengaturan di PC, meluncurkan aplikasi, hingga menjawab pertanyaan. Copilot juga telah didukung dengan kemampuan AI, menggantikan aplikasi Cortana yang sudah ditutup.

Selain Copilot, Microsoft juga menambahkan dukungan AI ke beberapa fitur seperti Paint, Snipping Tool, dan Foto. Penambahan AI ini berhasil membawa perubahan pada ketiga aplikasi.

Paint saat ini memiliki fitur transparasi, memudahkan para pengguna saat ingin menghilangkan background atau latar belakang. Selain itu, Paint juga memiliki layers layaknya Photoshop.

Berbeda dengan Snipping Tool, penambahan AI membuat aplikasi ini bisa menyalin teks pada gambar ke aplikasi lainnya. Tak hanya itu, fitur penyembunyian email dan nomor telepon juga ditambahkan pada Snipping Tool.

Terakhir, aplikasi Foto pada Windows 11 bisa membuat latar belakang menjadi buram. Keburaman ini juga bisa diatur dan dirubah sesuai keinginan penggunanya.

Selain penambahan AI dan pergantian Cortana ke Copilot, Microsoft masih memiliki sejumlah fitur baru lainnya, termasuk kontrol cahaya RGB dan dukungan passkeys, metode login dengan deteksi wajah, sidik jari, hingga pin.

Seluruh fitur menarik ini sudah bisa dinikmati sejak 26 September. Namun, hanya pengguna yang telah bergabung di Windows Insider yang dapat membuka Pengaturan dan Pembaruan Windows.