Bagikan:

JAKARTA - Microsoft pertama kali memulai dorongan konsep Windows 11 berbasis kecerdasan buatan (AI) pada tahun 2024 sebagai "Era Baru Pekerjaan" — tetapi apa sebenarnya Windows 11 AI? Ini adalah kombinasi inovasi yang kompleks dan mencakup PC berbasis AI, Copilot terintegrasi, dan Windows AI Studio. Berikut beberapa hal yang bisa Anda harapkan.

Mengapa Masa Depan Windows 11 Mengandalkan AI?

Benar bahwa sebagian dari dorongan AI hanyalah hype, tetapi melihat PC berbasis AI yang akan datang membuat jelas mengapa masa depan Windows 11 adalah AI. Sederhananya, AI memberikan peningkatan produktivitas yang luar biasa. Sama seperti prosesor kata yang membuat menulis lebih efisien, Microsoft ingin menggunakan AI untuk membantu Anda bekerja lebih baik.

Dorongan untuk perangkat berbasis AI baru yang dilengkapi dengan NPU (Neural Processing Unit) yang kuat adalah bukti bahwa beberapa pergeseran besar akan datang ke Windows 11 dalam waktu dekat. Meskipun kegilaan untuk perangkat berbasis AI mungkin tampak tiba-tiba, mereka mungkin segera terwujud seiring dengan laptop layar sentuh 2-in-1 atau desain chassis yang semakin ramping.

Bagaimana Windows 11 Menggunakan AI?

Mungkin cara Windows 11 menggunakan AI akan berubah seiring dengan evolusi teknologi ini. Saat ini, Microsoft memperkenalkan PC berbasis AI, Copilot Windows terintegrasi, perangkat lunak AI, dan bahkan aksesori adaptif.

PC Berbasis AI

PC berbasis AI kemungkinan akan memiliki dampak besar pada cara Windows 11 menggunakan AI jika populer. Mereka dilengkapi dengan prosesor kuat dengan NPU terpisah yang mampu mengurangi beban yang mungkin ditimbulkan oleh aplikasi AI pada GPU dan CPU Anda. Beberapa fitur penyesuaian kecil namun penting — misalnya, tombol Copilot pada perangkat terbaru.

Banyak laptop lainnya juga dilengkapi dengan NPU (misalnya, ASUS Zenbook Duo), tetapi promosi Surface Laptop 6 dan Surface Pro 10 adalah salah satu dorongan paling nyata untuk perangkat keras berfokus pada AI hingga saat ini. Saat perangkat ini tiba di pasaran, banyak aplikasi yang sudah dikenal di Windows 11 akan mengintegrasikan fitur AI.

Copilot Terintegrasi untuk Microsoft 365

Copilot Windows dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas melalui kemudahan — dan segera, Anda kemungkinan akan melihat alat AI ini terintegrasi ke dalam produk Microsoft 365. Saat ini, Anda dapat dengan cepat mengakses Windows Copilot kapan saja dengan mengkliknya di toolbar aplikasi.

Integrasi fantastislah yang membuat Copilot benar-benar menonjol. Anda dapat merangkum percakapan email panjang atau menulis email dengan Copilot di Outlook atau dengan cepat menghasilkan catatan rapat dengan Copilot untuk Teams. Di masa depan, kami kemungkinan akan melihat lebih banyak integrasi Copilot seiring dengan perkembangan produk ini.

Windows AI Studio

Pengembang juga akan dapat memanfaatkan Windows AI, berkat teknologi mutakhir yang dikemas dalam Windows AI Studio. Aplikasi ini menyederhanakan proses penyebaran Model Bahasa Kecil (SLM) untuk digunakan dalam aplikasi mereka sendiri.

Pada dasarnya, Windows AI Studio akan menyediakan katalog alat terpadu dari Azure AI Studio dan sumber lainnya, menjadikannya lebih sederhana bagi Anda untuk menemukan dan menyetel SLM yang tepat. Dengan semua beban berat itu terselesaikan, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada inti proyek Anda.

Apakah Windows 11 Dengan AI Layak Digunakan?

Masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana Windows 11 dengan AI akan berakhir. Tetapi fitur dan aplikasi baru yang sudah dirilis membuat alasan yang kuat untuk itu. Saat komputer menjadi lebih baik dalam beradaptasi dengan penggunanya dan tugas-tugas seperti pemodelan 3D pada aksesori aksesibilitas yang baru menjadi lebih mudah, komputer Anda mungkin akan menjadi lebih membantu dari sebelumnya. Dan dengan betapa gigihnya Microsoft dengan fitur yang terintegrasi AI, ini tentu akan bertahan.