Bagikan:

JAKARTA-Dalam upaya mendukung perkembangan teknologi komputasi khususnya kecerdasan buatan (AI) dalam dunia jurnalisme, Satuan Tugas Antihoax PWI Pusat telah menjalin kemitraan dengan Noventiq, mitra utama Microsoft. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengadakan pelatihan pemahaman kecerdasan buatan Copilot bagi wartawan.

"Melihat kebutuhan ini, Satuan Tugas Antihoax PWI Pusat bekerja sama dengan Noventiq, mitra utama Microsoft, untuk menggelar pelatihan pemahaman kecerdasan buatan Copilot bagi wartawan dalam waktu dekat," ujar Budi Nugraha, Ketua Satgas Anti Hoax PWI Pusat, Rabu 17 Juli.

Microsoft Copilot adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk mengeksekusi perintah tertentu dengan instruksi atau pertanyaan yang spesifik. Perintah tersebut mencakup empat bagian utama: tujuan, konteks, ekspektasi, dan sumber. Semakin spesifik perintah yang diberikan kepada Copilot, semakin akurat hasil yang diperoleh.

Dengan memahami penggunaan Copilot, wartawan dapat bekerja lebih efektif dan efisien. Copilot yang terintegrasi dengan Microsoft 365 mempermudah pencarian, manajemen data, dan cek fakta sebagai pendukung berita yang disusun.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Raja Pane Parlindungan, Bendahara PWI Pusat, M. Nasir, serta dua perwakilan Noventiq, Rizal Taufieq dan Muhammad Mahdi. Tim Satgas Antihoax PWI Pusat yang hadir meliputi Wilson Lumy (Wakil Ketua Satgas), Tundra Meliala (Bendahara), Ary Julianto (Koordinator IT), Umi Syarifah (Sekretaris), dan Algooth Putranto (Koordinator Riset).

Rizal Taufieq menjelaskan bahwa asisten digital dengan dukungan kecerdasan buatan, Copilot, pada sistem operasi Windows 11 memiliki keunggulan yang signifikan untuk memudahkan pekerjaan wartawan. Copilot menggabungkan konteks dan kecerdasan jaringan dengan data pekerjaan pengguna, sehingga memberikan dukungan yang lebih baik dengan tetap mengutamakan privasi dan keamanan.

Menurut Rizal Taufieq, Noventiq siap memberikan pelatihan bagi sejumlah wartawan dari berbagai media untuk memahami lebih mendalam cara kerja operasionalisasi kecerdasan buatan Copilot. Noventiq adalah penyedia solusi dan layanan global terkemuka dalam transformasi digital dan keamanan siber, yang berkantor pusat di London.

Perusahaan ini memfasilitasi transformasi digital untuk bisnis pelanggannya dengan menghubungkan organisasi di berbagai industri dengan vendor TI terbaik, serta menyediakan layanan dan solusi miliknya sendiri.