Bagikan:

JAKARTA - Laporan yang menyatakan bahwa iPhone 17 tahun depan akan mengadopsi prosesor  2nm generasi berikutnya dari TSMC adalah "berita palsu." Hal ini dikatakan  oleh sumber terpercaya yang sering memberikan prediksi akurat tentang rencana Apple, pada  Senin, 15 Juli.

Menurut sebuah postingan oleh pengguna Weibo "Ahli Chip Ponsel," proses 2nm tidak akan masuk ke produksi massal hingga akhir 2025. Pemilik akun tersebut, yang mengklaim memiliki 25 tahun pengalaman di industri sirkuit terpadu, termasuk bekerja pada prosesor Pentium Intel, menyarankan bahwa iPhone 17 masih akan menggunakan prosesor 3nm dari TSMC.

"Prosesor 2nm tidak akan diproduksi massal hingga akhir 2025, jadi iPhone 17 pasti tidak bisa mengikutinya," baca terjemahan mesin dari postingan Ahli Chip Ponsel. "Baru pada iPhone 18, prosesor 2nm akan digunakan."

"Siapa pun yang telah melihat grafik perencanaan kapasitas akan tahu bahwa ini adalah laporan lain dari outlet media yang tidak bermoral," tambah pengguna tersebut. Ia, mengomentari artikel oleh Zhitong Finance yang mengulangi klaim yang baru-baru ini dibuat oleh surat kabar Taiwan berdasarkan "sumber industri."

TSMC berencana untuk memulai produksi massal chip 2nm tahun depan, tetapi beberapa laporan dari Taiwan menyatakan bahwa perusahaan tersebut telah mempercepat prosesnya untuk mengamankan hasil yang stabil untuk produksi massal. Apple adalah klien utama TSMC, dan biasanya menjadi yang pertama mendapatkan chip baru dari TSMC. Misalnya, Apple mengakuisisi semua chip 3nm TSMC pada tahun 2023 untuk iPhone, iPad, dan Mac.

Proses fabrikasi 2nm, juga dikenal sebagai "N2," diharapkan menawarkan peningkatan kecepatan 10 hingga 15 persen pada daya yang sama atau pengurangan daya 25 hingga 30 persen pada kecepatan yang sama dibandingkan dengan chip yang dibuat dengan teknologi 3nm TSMC.

Chip A17 Pro di model iPhone 15 Pro Apple diproduksi dengan proses 3nm generasi pertama TSMC, yang dikenal sebagai N3B. Chip M4 Apple, yang baru-baru ini diluncurkan di iPad Pro baru, menggunakan versi yang ditingkatkan dari teknologi 3nm ini.

Kode di iOS 18 telah mengkonfirmasi bahwa semua empat model iPhone 16 akan menggunakan chip A18 generasi berikutnya dari Apple, berdasarkan proses N3E TSMC. N3E adalah proses fabrikasi chip 3nm generasi kedua TSMC, yang lebih murah dan memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan proses 3nm generasi pertama TSMC.

Pengguna Weibo, yang membantah klaim bahwa 2nm akan siap untuk iPhone 17, memiliki rekam jejak prediksi yang akurat. Ahli Chip Ponsel adalah yang pertama mengungkapkan bahwa iPhone 7 akan tahan air dan bahwa model iPhone 14 standar akan terus menggunakan chip A15 Bionic, sementara chip A16 yang lebih canggih akan eksklusif untuk model iPhone 14 Pro. Ramalan ini kemudian dikonfirmasi oleh beberapa sumber terpercaya dan terbukti benar ketika produk tersebut dirilis.

Baru-baru ini, Ahli Chip Ponsel adalah sumber informasi pertama tentang Apple yang mengembangkan prosesor server AI sendiri menggunakan proses 3nm TSMC, yang ditargetkan untuk produksi massal pada paruh kedua tahun 2025