JAKARTA – Para peneliti mengamati atmosfer dari salah satu exoplanet menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA. Mereka meneliti WASP-39b, planet yang 1,3 kali lipat lebih besar dari Jupiter.

Dengan menggunakan Near-Infrared Spectrograph (NIRSpec) milik Webb, para peneliti menganalisis spektrum transmisi dari WASP-39b untuk memisahkan sisi siang dan malam hari. Teknik ini dilakukan untuk mendapatkan informasi suhu, komposisi, hingga sifat dari atmosfer.

Néstor Espinoza, salah satu peneliti yang mengamati WASP-39b, mengatakan bahwa penemuan tersebut bisa dijadikan acuan untuk mempelajari exoplanet lainnya. Espinoza yakin dengan hasil temuannya karena sinyal yang disaring dari WASP-39b cukup kuat.

"Planet ini memiliki atmosfer yang mengembang dan tebal, sehingga sinyal yang berasal dari cahaya bintang yang disaring melalui atmosfer planet tersebut cukup kuat," kata Espinoza, dikutip dari blog NASA.

Temuan Espinoza dan rekannya menunjukkan bahwa suhu WASP-39b di malam hari jauh lebih panas dibandingkan dengan siang hari. Suhunya pun cukup ekstrem karena mencapai 800 derajat celcius di malam hari dan 600 derajat celsius di siang hari.

Ini merupakan temuan yang sangat menarik dan tentunya berbeda jauh dengan kondisi di Bumi. Biasanya, suhu di malam hari cenderung lebih dingin karena tidak ada sinar dari Matahari. Suhu malam hari di Bulan juga mengalami hal yang sama.

"Sungguh menakjubkan bahwa kami mampu menguraikan perbedaan kecil ini (di atmosfer WASP-39b), dan itu hanya mungkin karena sensitivitas Webb pada panjang gelombang inframerah dekat dan sensor fotometriknya yang sangat stabil," kata Espinoza.

Setelah menemukan perbedaan yang sangat menarik ini, Espinoza dan ilmuwan lainnya berencana mengamati exoplanet dengan kondisi yang mirip WASP-39b. Mereka akan mempelajari planet yang dikategorikan sebagai Jupiter bersuhu panas.

Selama mengamati exoplanet yang lain, mereka akan menggunakan data dari hasil pengamatan WASP-39b. Pengamatan yang akan dilakukan ini, termasuk WASP-39b, merupakan bagian dari Program Pengamatan Umum Siklus Webb 2 3969.