Bagikan:

JAKARTA – Google Play Store menyediakan berbagai aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna ponsel Android, tak terkecuali Samsung Galaxy. Anda bebas mengunduh aplikasi apa pun meski fungsinya sama.

Anda mungkin menyimpan beberapa browser, alat pembuka dokumen, dan pemutar musik di perangkat yang Anda gunakan. Meski ada banyak pilihan aplikasi, data di perangkat Anda bisa langsung terbuka dengan adanya aplikasi default.

Misalnya saat Anda ingin membuka file dengan jenis PDF, perangkat akan bertanya aplikasi mana yang ingin dijadikan default. Setelah memilih aplikasi yang diinginkan, perangkat tidak akan mengajukan pertanyaan lagi saat Anda membuka file lainnya.

Ini merupakan cara yang cepat untuk mengakses data. Jika Anda salah memilih aplikasi default-nya, Anda masih bisa menggantinya. Berikut ini cara mengganti aplikasi default di Samsung Galaxy, mengutip dari Android Police.

Memilih Aplikasi Default di Ponsel Galaxy

Samsung Galaxy menggunakan firmware One UI dan tampilan pengaturannya tidak jauh berbeda. Untuk mengganti aplikasi default di ponsel Galaxy, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Pengaturan.
  2. Gulir layar dan klik Aplikasi.
  3. Pilih menu Aplikasi Default di bagian atas layar.
  4. Pilih salah satu aplikasi yang ingin diubah.
  5. Ketuk aplikasi lainnya yang muncul berikutnya.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, aplikasi default akan berubah. Jika Anda ingin menghapus seluruh pengaturan aplikasi default, Anda bisa mengetuk lama aplikasi, buka menu info, lalu pilih Hapus di menu Tetapkan Sebagai Default.