Bagikan:

JAKARTA – Samsung telah mengatur ulang sistem sideload di ponsel Galaxy terbaru. Sistem perlindungan yang disebut Auto Blocker ini akan memblokir upaya pengunduhan aplikasi Android melalui browser.

Dilansir dari 9to5google, sistem Auto Blocker telah ditambahkan ke seluruh ponsel Galaxy yang menggunakan Android 14 dengan firmware One UI 6. Namun, sistem ini hanya melindungi perangkat dari malware dan upaya pembajakan USB.

Setelah diperbarui di One 6.1.1, Auto Blocker kini membatasi sideload atau pengunduhan di luar toko aplikasi resmi secara default melalui Pembatasan Maksimum. Larangan sideload ini hanya berlaku untuk aplikasi Android.

"Mencegah pengunduhan otomatis lampiran pesan untuk melindungi dari perangkat lunak berbahaya, namun tetap mengizinkan pengunduhan manual dari sumber tepercaya," tulis Samsung di situs resminya.

Perangkat pertama yang menjalankan One UI 6.1.1 adalah Galaxy Z Fold 6 dan Z Flip 6. Saat didistribusikan kepada pengguna, perangkat ini sudah menerapkan sistem pembatasan sideload secara otomatis. Namun, pengguna tetap bisa menonaktifkan sistemnya.

Saat pertama kali membuka Pengaturan, pengguna akan diberi tahu bahwa Samsung telah menerapkan Auto Blocker. Selain melarang pengunduhan aplikasi Android di situs tidak resmi, pengguna tidak bisa memperbarui perangkat lunak melalui kabel USB.

Jika Anda terganggu dengan pembaruan ini, Anda bisa menonaktifkan sistemnya dengan cara membuka Pengaturan, lalu mengeklik menu Keamanan Privasi. Buka menu Auto Blocker, lalu klik toggle button di sampingnya hingga tertera kata Off.