Bagikan:

JAKARTA - Selama presentasi Galaxy Unpacked, Samsung menunjukkan slide yang menyiratkan bahwa fitur Samsung Health di masa depan yang menggunakan Galaxy Ring mungkin akan memerlukan langganan.

Fitur Galaxy Ring saat ini tidak memerlukan langganan, tetapi beberapa cincin pintar pesaing memerlukannya. Teks dalam slide Samsung tidak secara eksplisit menyatakan bahwa fitur mendatang Samsung Health akan memerlukan langganan, tetapi ini meninggalkan kemungkinan tersebut.

Meskipun cincin pintar bukanlah hal baru, Galaxy Ring dari Samsung adalah produk pertama semacam itu dari merek teknologi konsumen besar. Setelah banyak antisipasi, akhirnya diluncurkan kurang dari dua minggu lalu di acara Galaxy Unpacked bersama dengan ponsel lipat baru, earbud, dan smartwatch.

Cincin pintar Samsung ini terutama menonjol karena, meskipun sedikit lebih mahal dari pesaing terdepan dengan harga  399,99 dolar AS, tidak memerlukan biaya langganan untuk menggunakan fiturnya. Namun, itu mungkin tidak selalu terjadi, setidaknya untuk fitur mendatang.

Samsung Galaxy Ring  dilengkapi dengan sejumlah sensor kesehatan seperti monitor detak jantung, pelacak tidur, pelacak oksigen darah, penghitung langkah, dan banyak lagi. Sensor ini mendukung berbagai fitur pelacakan kesehatan dan kebugaran Galaxy Ring, termasuk pemantauan tidur kontinu, pemantauan detak jantung, pelacakan aktivitas, deteksi latihan, pelacakan siklus, dan banyak lagi.

Galaxy Ring tidak memiliki layar, maka semua data kesehatan dan kebugaran yang dikumpulkannya harus dilihat melalui aplikasi Samsung Health di smartphone Android yang dipasangkannya.

Di Galaxy Unpacked, Samsung berjanji bahwa tidak ada fitur Galaxy Ring yang memerlukan biaya langganan tambahan untuk diakses. Namun, tersembunyi di catatan kaki salah satu slide yang ditampilkan selama presentasi adalah teks yang menunjukkan bahwa janji ini hanya berlaku untuk “fitur Samsung Galaxy yang saat ini tersedia.” Untuk “fitur Samsung Health di masa depan,” Samsung memperingatkan bahwa “ketentuan berbeda mungkin berlaku.”

“Galaxy Ring harus dipasangkan dengan smartphone Samsung Galaxy dengan Android 11.0 atau lebih tinggi dan memori minimum 1.5GB. Aplikasi Samsung Health (v6.27 atau lebih tinggi) dan login akun Samsung diperlukan. Ketersediaan layanan mungkin bervariasi tergantung pada negara atau wilayah. Fitur Samsung Health yang saat ini tersedia yang menggunakan Samsung Galaxy Ring disediakan tanpa langganan bulanan. Ketentuan berbeda mungkin berlaku untuk fitur Samsung Health di masa depan.”

Meskipun ini tidak menjamin bahwa Samsung akan mengenakan biaya langganan untuk fitur Galaxy Ring di masa depan, ini membuka kemungkinan tersebut. Apakah itu benar-benar akan terjadi atau tidak, kita belum bisa memastikan. Rumor sebelumnya menyatakan bahwa Samsung berencana untuk mengenakan biaya langganan bulanan untuk beberapa fitur Galaxy Ring.

Beberapa artikel yang diterbitkan setelah peluncuran Ring menyatakan dengan tegas bahwa Samsung tidak memiliki rencana untuk mengenakan biaya untuk fitur Ring apa pun, baik sekarang maupun di masa depan, sementara yang lain menyatakan bahwa itu hanya berlaku untuk saat ini.

Jika Samsung pada akhirnya mengenakan biaya langganan untuk fitur Galaxy Ring, itu bahkan tidak akan menjadi hal yang aneh bagi mereka. Bagaimanapun, fitur Galaxy AI saat ini tersedia secara gratis di seri Samsung Galaxy S24, tetapi ada syaratnya: mereka hanya dijamin gratis hingga tahun 2025.

Syarat ini juga tersembunyi di catatan kaki selama acara Galaxy Unpacked pada bulan Januari, jadi jelas bahwa Samsung tidak ingin menjamin akses gratis ke setiap fitur—terutama yang memerlukan sumber daya intensif AI—untuk selamanya.

Berbagai fitur Samsung Health sudah termasuk dalam payung Galaxy AI, termasuk fitur Energy Score dan Wellness Tips dari Galaxy Ring. Karena Samsung tidak menjamin bahwa fitur Galaxy AI akan gratis setelah tahun 2025, maka kedua fitur ini secara teoritis dapat dikunci setelah tahun 2025. Namun, karena kedua fitur ini saat ini tersedia (selama Anda memasangkan ponsel Samsung Galaxy dengan Galaxy Ring), kemungkinan Samsung tidak akan mengenakan biaya untuk mereka di masa depan, mengingat komitmen peluncurannya.

Kompetitor utama Galaxy Ring, Oura Ring, mulai dari 299 dolar AS tetapi mengenakan biaya langganan  5,99 dolar AS /bulan. Jadi meskipun beberapa opsi Oura lebih murah di muka, banyak orang menganggap opsi Samsung memiliki nilai lebih baik. Jika Samsung pada akhirnya mengenakan biaya langganan di masa depan, perhitungan tersebut bisa berubah. Namun, kita harus menunggu dan melihat apakah mereka benar-benar memutuskan untuk mengenakan biaya langganan di masa depan dan jika ya, berapa biayanya dan fitur apa yang akan mereka kunci di balik langganan tersebut.