Bagikan:

JAKARTA – iPhone XS, perangkat yang hampir mencapai usia 6 tahun ini, akan mendapatkan pembaruan iOS 18 pada musim gugur tahun ini. Namun, perangkat ini hanya bisa menjalankan fitur tertentu.

Ada banyak fitur canggih yang akan Apple luncurkan di iOS 18, termasuk integrasi ChatGPT ke dalam Siri. Fitur seperti ini tidak akan bisa diakses oleh pengguna iPhone XS dan membutuhkan perangkat yang lebih baru.

Tidak tersedianya beberapa fitur iOS 18 di iPhone XS didukung beberapa faktor, salah satunya perangkat keras yang sudah sangat lama. Jika Anda penasaran fitur apa saja yang butuh iPhone 12 ke atas, berikut ini beberapa fiturnya, dilansir dari How to Geek.

Navigasi Pelacakan Mata

Apple akan meluncurkan fitur canggih yang bisa mengendalikan iPhone menggunakan fitur Eye Tracking. Meski tidak membutuhkan perangkat keras tambahan, fitur ini hanya berfungsi di iPhone 12 dan yang lebih baru.

Mirip dengan yang ada di Vision Pro, pengguna iPhone bisa membuka aplikasi tertentu hanya dengan gerakan mata. Fitur ini dirancang khusus untuk para penyandang disabilitas fisik seperti lumpuh atau kehilangan fungsi tangan.

Music Haptics untuk Meraba Musik

Fitur lainnya yang tidak akan tersedia di iPhone XS dan membutuhkan iPhone 12 adalah Music Haptics untuk merasakan musik. Fitur ini dibuat untuk orang yang memiliki gangguan pendengaran dan tidak tahu seperti apa suara musik.

Dengan menggunakan Taptic Engine di dalam iPhone, pengguna bisa merasakan ketukan, tekstur, atau getaran halus dari musik yang diputar. Fitur ini berfungsi di seluruh katalog Apple Music dan akan menampilkan rasa yang berbeda, tergantung dengan lagu yang didengarkan.

Transkrip Audio di Notes

Fitur lainnya dari iOS 18 yang tidak bisa digunakan oleh pengguna iPhone XS adalah transkrip audio secara langsung melalui aplikasi Notes. Seperti dua fitur lainnya, transkrip audio hanya bisa ditemukan di iPhone 12 dan yang lebih baru.

Saat merekam audio di Notes, pengguna tidak perlu mendengarkan lagi rekamannya hanya untuk mencatat ulang. Fitur ini akan menampilkan hasil transkrip dan pengguna bisa menambahkan atau mengurangi teks yang ditampilkan.