Bagikan:

JAKARTA – Samsung telah meluncurkan pembaruan perangkat untuk ponsel Galaxy selama beberapa waktu terakhir. Pembaruan ini seharusnya meningkatkan kinerja ponsel, tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

Sejumlah pengguna Reddit, mengutip dari 9to5google, mengatakan bahwa ponsel mereka tidak berfungsi setelah memasang pembaruan. Masalah ini menyerang model Galaxy lama, seperti Galaxy S10 Series dan Galaxy Note 10 Series.

Beberapa pengguna mengungkapkan bahwa ponsel Galaxy M51 dan Galaxy A90 mereka sudah tidak berfungsi setelah melakukan pembaruan perangkat lunak. Samsung telah mengonfigurasi masalah ini dan telah menarik pembaruan tersebut.

Sejauh ini, masalah yang dialami pengguna terlihat sama. Perangkat mereka terjebak dalam bootloop tanpa bisa menyala sepenuhnya. Tidak ada opsi untuk menurunkan versi perangkat lunak karena ponsel terjebak dalam keadaan tersebut.

Namun, beberapa pengguna telah menemukan cara untuk mengembalikan fungsi dari perangkat yang terjebak di bootloop. Satu-satunya cara adalah dengan melakukan reset factory melalui penulisan Android sehingga seluruh data pengguna akan hilang.

Pengguna harus mematikan perangkat sepenuhnya, lalu menekan tombol Bixby dan volume atas. Setelah itu, tekan tombol daya dan tahan hingga logo Samsung muncul di layar. Jika logonya sudah terlihat, tombol daya bisa dilepas dan ponsel akan masuk ke mode pemulihan. 

Jika mode pemulihan sudah terlihat, pengguna bisa menggelar tombol volume untuk memilih opsi Wipe Data atau Factory Reset. Setelah mengonfirmasi tindakan tersebut, perangkat bisa diakses kembali dengan data yang hilang sepenuhnya.