One UI 3.1.1 Bawa Perubahan Fitur Baru untuk Perangkat Lipat Samsung
Samsung juga telah mulai meluncurkan One UI 3.1.1 ke sejumlah perangkat lain. (foto: dok. samsung)

Bagikan:

JAKARTA - Samsung baru saja merilis pembaruan One UI 3.1.1 yang telah disematkan pula pada ponsel lipat terbaru mereka, duo gahar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3. Dengan pembaruan perangkat lunak ini, Samsung mengemas beberapa fitur baru untuk meningkatkan pengalaman yang dapat dilipat.

Namun, Samsung hanya memperluas fitur yang cuma dapat ditemukan di Galaxy Z Flip 3 dan Galaxy Z Fold 3, serta pada perangkat yang dirilis dalam beberapa tahun terakhir. Ini termasuk Galaxy Z Fold 2 5G, Galaxy Z Flip 5G, Galaxy Z Flip, dan Galaxy Fold pertama.

Perangkat pertama yang mendapatkan pembaruan ini adalah Galaxy Z Fold 2 dan perangkat Flip pertama, Fold asli akan mendapatkan pembaruan nanti. Berikut fitur-fitur terbaru yang akan dibawa One UI 3.1.1 seperti dikutip VOI dari Slashgear, Rabu, 1 September.

Drag & Split

Satu fitur utama yang akan tersedia di semua perangkat yang dapat dilipat untuk Samsung adalah Drag & Split. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyeret tautan ke tepi layar mereka untuk membukanya di jendela baru. Ini memungkinkan pengguna untuk melewati pembukaan tab baru dan peralihan antar jendela.

Fitur ini akan bekerja dengan Samsung Internet, Samsung Notes, File Saya, Pesan, MS Office, OneNote, OneDrive, dan masih banyak lagi. Dukungan Drag & Split akan tersedia di Galaxy Z Fold 2, Galaxy Z Fold, Galaxy Z Flip 5G, dan Galaxy Z Flip.

Multi-active Window & Natural Window Switching

Dengan fitur baru ini, pengguna akan dapat bekerja dengan beberapa jendela untuk aplikasi sekaligus. Pengguna juga bisa menggunakan hingga tiga aplikasi secara bersamaan dan mengatur aplikasi tersebut sesuai keinginan mereka. Tidak seperti Drag & split, fitur ini tidak akan tersedia di Galaxy Z Flip 5G dan Galaxy Z Flip.

Ratio for Apps

Rasio Aspek Aplikasi yang disesuaikan, memungkinkan pengguna menemukan aplikasi individual dengan empat opsi. Default aplikasi, rasio aspek 4:3, rasio aspek 16:9, dan layar penuh harus tersedia untuk setiap aplikasi individual. Fitur ini juga diturunkan ke perangkat Galaxy Z Fold.

Seperti halnya fitur Multi-active Window & Natural Window Switching, kemampuan untuk mengatur rasio aspek khusus untuk aplikasi akan terbatas pada Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Fold asli.

Pinned Taskbar

Pengguna Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Fold juga akan mendapatkan kemampuan untuk menyematkan aplikasi ke taskbar persisten dengan pembaruan One UI 3.1.1.

Ini akan memungkinkan pengguna dengan mudah mengakses aplikasi yang paling sering digunakan di layar beranda. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan pengguna untuk beralih di antara aplikasi favorit mereka tanpa perlu kembali ke layar beranda atau tab aplikasi. Fitur ini tidak akan tersedia di Galaxy Z Flip 5G dan Galaxy Z Flip.

Bersamaan dengan fitur yang disebutkan di atas, One UI 3.1.1 untuk perangkat lipat Galaxy yang lebih lama juga akan memberi pengguna kemampuan untuk memutar semua aplikasi, melihat aplikasi tertentu dalam tampilan layar terpisah, memaksa Mode Flex pada aplikasi yang tidak didukung, dan mencerminkan layar sampul dengan layar utama.

Perlu dicatat bahwa Samsung juga telah mulai meluncurkan One UI 3.1.1 ke sejumlah perangkat lain, termasuk seri Galaxy S10, seri Galaxy S20, seri Galaxy Note 10, seri Galaxy Note 20, dan Galaxy A52 5G. Namun, fitur yang disebutkan di atas tidak tersedia pada perangkat ini, karena hanya khusus untuk perangkat lipat saja.