Bagikan:

YOGYAKARTA - Pembaruan Samsung One UI 6 saat ini telah tersedia. Diperlukan waktu bertahun-tahun buat membangun fitur di One UI serta meningkatkan susunan penyempurnaan ke dalamnya. Dampaknya, saat pembaruan diluncurkan ke ponsel pintar ataupun tablet Galaxy  yang memenuhi ketentuan, kalian tidak bakal melihat terdapatnya peranan baru yang inovatif. Lantas apa saja sih fitur baru One Ui 6.0?

Apa yang bakal kalian miliki merupakan pengalaman luar biasa yang jadi lebih baik, dengan penyesuaian bijaksana yang memenuhi perubahan yang didatangkan Android 14. Berikut seluruh fitur One UI 6 baru yang ditambahkan Samsung buat smartphone serta tablet Galaxy!

Fitur Baru One UI 6.0

1. Layar Beranda

Saat kalian boot ke layar beranda One UI 6, perihal awal yang bakal kalian perhatikan merupakan font baru yang digunakan serta label ikon yang lebih simpel. Samsung mempunyai font default baru yang digunakan di mana saja di sistem saat ini.

2. Widget

Samsung mempunyai sebagian widget baru dengan pembaruan ini. Terdapat widget Pengetahuan cuaca baru yang membagikan lebih banyak data tentang keadaan cuaca lokal Kalian.

Terdapat pula widget kamera baru yang berperan lebih selaku pintasan spesial buat fashion kamera preset pengguna dibanding selaku jendela bidik langsung. Bila kalian lebih menggemari campuran pengaturan kamera tertentu, widget ini bakal sangat bermanfaat.

3. Layar Kunci

Dengan One UI 6, jam layar kunci saat ini mempunyai sebagian penyesuaian lagi yang ada. Kamu bisa mengganti ukurannya serta memilah lebih banyak font serta style.

4. Panel Pengaturan Cepat

Panel Quick Settings (QS) menemukan banyak atensi pada pembaruan One UI 6. Pengaturan Wi-Fi serta Bluetooth saat ini memperoleh barisnya sendiri di bagian atas panel QS, sedangkan sebagian fitur yang lain, semacam mode kenyamanan mata serta mode gelap, memperoleh barisnya sendiri di bagian dasar.

Dalam proses ini, One UI 6 kehabisan sebagian keunggulannya di masa lalu. Seperti sebelumnya, Kalian bisa mengklik ikon pengaturan Wi-Fi serta Bluetooth buat mengaktifkan serta menonaktifkannya dengan kilat, sedangkan mengetuk teks bakal membuka menu mini yang membolehkan Kalian memilah koneksi tertentu.

Bergeser antara panel QS ringkas serta diperluas saat ini lebih gampang. Sebelumnya, Kalian membutuhkan satu gesekan ke dasar buat panel ringkas serta setelah itu geser kedua ke dasar buat tipe yang diperluas. Saat ini, Kalian bisa mengaktifkan akses praktis Pengaturan Kilat, yang membolehkan Kalian menggeser dari sisi kanan buat mengakses tipe Pengaturan Cepat yang diperluas secara langsung. Menggesek ke bawah dari kiri menampilkan notifikasi. Samsung sudah melihat perilaku ini sebelumnya di ROM khusus serta skin lain semacam MIUI, serta sebagian orang sangat menyukainya.

5. Panel notifikasi

Tidak hanya pergantian pada panel QS, panel notifikasi pula alami pergantian. Kalian saat ini memperoleh notifikasi individual selaku kartu terpisah. Perihal ini menghasilkan lebih banyak ruang di antara notifikasi serta memberinya individualitas, tetapi pula memakan lebih banyak ruang layar.

Kalian saat ini bisa menyusunkan notifikasi bersumber pada waktu, sehingga Kalian bisa melewati urutan prioritas notifikasi bila perlu.

Berikutnya notifikasi pemutar musik pula alami pergantian. Sampul album saat ini menutupi segala latar belakang notifikasi, serta bilah kemajuan meninggalkan jejak visualisator.

6. Laci Aplikasi

Laci aplikasi saat ini membolehkan Kalian mencari fungsi tekan lama khusus aplikasi. Jadi Kalian bisa dengan cepat mengaplikasikan aksi tertentu dalam aplikasi secara langsung.

7. Gaya emoji baru di Keyboard Samsung

Samsung sudah menyegarkan style emoji di keyboard Samsung. Mereka kehilangan sebagian tampilan mengkilapnya namun senantiasa nampak bersih.

8. Aplikasi kamera

Samsung memilah buat tidak melaksanakan pergantian besar-besaran pada aplikasi kamera, serta Kita menghormati keputusan itu. Apa yang dilakukan One UI 6 yakni membuat pengalih resolusi lebih gampang diakses dalam mode gambar serta video.

Pengaturan ciri air dalam aplikasi Kamera saat ini memisahkan opsi tanggal serta waktu sehingga Kalian bisa memilihnya satu per satu. Kalian pula bisa memilah antara perataan atas serta bawah.

Keahlian memindai dokumen menemukan pengaturan tertentu, terpisah dari Scene Optimizer. Perihal ini bakal membuat pemindaian dokumen jadi lebih gampang serta kilat tanpa membutuhkan Scene Optimizer buat mengaktifkan serta mengidentifikasi panorama alam tersebut.

Aplikasi kamera saat ini mempunyai 3 pengaturan pengoptimalan mutu buat gambar (menyeimbangkan mutu dengan waktu pemrosesan) serta pengaturan FPS otomatis baru buat video. Kalian bisa menonaktifkan FPS otomatis, memakainya cuma buat video 30fps, ataupun memakainya buat video 30fps serta 60fps.

9. Aplikasi galeri

Aplikasi Galeri mempunyai tampilan detail baru yang membolehkan Kalian mempraktikkan efek serta pengeditan yang lain dengan kilat pada foto ataupun video. Kalian cuma butuh menggesek layar dari bawah ke atas buat membuka tampilan detail.

Aplikasi Galeri pula memperoleh kenaikan multitasking yang ditambahkan di One UI 5.1.1 buat fitur lipat serta tablet, ialah fitur drag-and-drop 2 tangan. Saat ini Kalian bisa memegang serta menahan buat memilah gambar serta video dengan satu tangan, kemudian menjatuhkannya ke tujuan baru dengan tangan Kalian yang lain.

Penyunting Foto

Editor Gambar dalam aplikasi Galeri sudah menerima sebagian pergantian:

  • Menu Perlengkapan baru mengatur ulang fitur pengeditan.
  • Kalian saat ini bisa membatalkan serta mengulangi sebagian susunan pengeditan.
  • Pengeditan teks saat ini mencakup sebagian gaya serta latar belakang berbeda.

10. Aplikasi cuaca

Tidak hanya widget Cuaca baru, aplikasi Cuaca saat ini mempunyai informasi yang lebih kaya tentang cuaca lokal Kalian.

Panggilan Teks Bixby

Panggilan Teks Bixby mirip dengan guna Penyaringan Panggilan Google Pixel namun dengan Bixby selaku basisnya. Dengan pembaruan ini, Bixby membolehkan Kalian mengunduh lebih banyak bahasa wilayah buat fitur ini. Berikutnya, Kalian saat ini bisa beralih antara Panggilan Teks Bixby serta fungsi reguler di tengah panggilan.

Pemblokir Otomatis

Terdapat fitur Pemblokir Otomatis baru yang muncul di Pengaturan Keamanan serta Privasi. Fitur ini memblokir instalasi aplikasi dari toko aplikasi yang tidak legal. Ini pula mengaktifkan pengecekan keamanan aplikasi serta memblokir kabel USB supaya tidak mengirimkan perintah ke ponsel Kalian buat upaya peretasan. Fitur-fitur ini ditempatkan dalam satu tombol, sebaliknya pengaturan lanjutan, semacam proteksi foto aplikasi perpesanan serta pemblokiran pembaruan perangkat lunak berbasis USB, mempunyai tombol masing- masing.

Mode serta Rutinitas

Sama semacam iOS 17 yang mencampurkan mode Fokus ke layar kunci, One UI 6 pula mencampurkan mode dengan layar kunci. Tidak hanya itu, saat ini ada lebih banyak aksi yang bisa diseleksi dikala mempersiapkan rutinitas.

Mengejar Android: Mengalihkan mode Pesawat mempertahankan pengaturan Wi-Fi serta Bluetooth

Android 13 QPR1 memperkenalkan metode yang lebih pintar buat mengaktifkan mode Pesawat (h/t Mishaal Rahman), di mana ponsel bakal mengingat status Wi-Fi serta Bluetooth Kalian bila Kalian mengaktifkannya kembali sehabis mode pesawat mematikannya. Jadi ponsel Kalian bakal mempertahankan pengaturan Kalian dikala selanjutnya Kalian mengaktifkan mode Pesawat.

Samsung sudah menjajaki tipe dasar Android di sini, membolehkan Kalian memakai sakelar fashion Pesawat yang ditingkatkan.

11. Daftar perubahan lengkap

Bila Kalian mencari changelog lengkap buat pembaharuan One UI 6, ini dia:

Changelognya lumayan bertele-tele, namun pula mencakup seluruh perubahan yang berlangsung pada aplikasi independen semacam Samsung Internet pula.

Kapan One UI 6 muncul di fitur Kita?

Samsung formal merilis pembaharuan One UI 6 buat seri Galaxy S23. Pengguna di negara tertentu pada fitur Galaxy tertentu pula bisa mengakses tipe beta.

Jadi setelah mengetahui fitur baru One Ui 6.0, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!,