Bagikan:

JAKARTA – Samsung telah merilis firmware One UI 6.1 ke perangkat flagship sejak Januari lalu dan pendistribusian firmware-nya telah berakhir pada Maret lalu. Kini, Samsung akan fokus dengan ponsel mid-range mereka.

Mengutip dari SamMobile, pengguna platform X dengan akun theonecid mengatakan bahwa One UI 6.1 akan diluncurkan ke tiga ponsel mid-range atau kelas menengah. Ketiga ponsel itu adalah Galaxy S21 FE, Galaxy A54, dan Galaxy A53.

Kabarnya, firmware ini akan dirilis pada 14 Mei mendatang di Kanada. Melihat dari kebiasaan Samsung, One UI 6.1 akan dirilis di Kanada setelah ketersediaan internasional. Korea Selatan atau Eropa mungkin akan mendapatkan firmware-nya terlebih dahulu.

Jadwal peluncuran ini belum bisa dipercaya sepenuhnya karena Samsung tidak mengumumkan tanggal perilisannya secara resmi. Ada kemungkinan peluncuran firmware-nya ditunda atau negara tempat peluncurannya berbeda dari yang diperkirakan.

Sementara itu, Samsung sempat mengatakan bahwa Galaxy AI akan disertakan ke dalam pembaruan One UI 6.1. Perangkat yang terpilih akan mendapatkan fitur canggih berbasis Kecerdasan Buatan (AI). Sayangnya, perangkat kelas menengah mungkin akan dikecualikan.

Berbagai fitur canggih seperti Live Translate, Browsing Assist, hingga Note Assist sepertinya tidak akan ditambahkan ke ponsel kelas menengah Samsung. Pasalnya, tidak semua prosesor di dalam perangkat bisa menjalankan Galaxy AI dengan mulus.

Jika perangkat terbaru seperti Galaxy A55 dan A35 tidak mendapatkan Galaxy AI di pembaruan One UI 6.1, maka ponsel dengan seri A yang lebih lama tidak akan mendapatkan fiturnya. Berbeda dengan Galaxy S21 FE yang mungkin akan mendapatkan fitur Circle to Search.