Bagikan:

JAKARTA – Penggunaan tablet sudah populer sejak satu dekade yang lalu, bahkan tablet Advan pun sempat viral di Indonesia sekitar tahun 2013. Meski sempat digemari, tablet Android belum bisa menyaingi iPad.

Permintaan tablet Android terus menurun karena kecanggihan iPad, tetapi hal ini sudah mulai berubah. Selama beberapa tahun terakhir, tablet Android mengalami perkembangan yang signifikan sehingga masyarakat mulai tertarik dengan tablet selain iPad.

Laporan terbaru dari International Data Corporation (IDC), lembaga riset pemasaran, menunjukkan bahwa permintaan tablet Android di seluruh dunia mengalahkan penjualan iPad. Pada kuartal pertama 2024, total pengirimannya mencapai 30,8 juta unit.

Di saat permintaan tablet Android meningkat, pangsa pasar iPad pun mengalami penurunan. Di antara kuartal pertama tahun lalu hingga kuartal pertama tahun ini, pasar iPad turun dari 35,2 persen menjadi 32 persen. Jumlah penurunan unitnya mencapai satu juta.

Sepertinya, penjualan yang menurun ini tidak hanya dipengaruhi tablet Android yang berkembang, tetapi juga karena model terbaru iPad yang belum muncul. Meskipun terjadi penurunan, tablet Apple masih menempati posisi pertama dengan 9,9 juta penjualan.

Di posisi kedua, Samsung mengejar Apple dengan jumlah pengiriman tablet yang mencapai 6,7 juta unit pada kuartal pertama tahun ini. Jumlah penjualan ini rupanya turun dari kuartal tahun lalu karena merek pesaing semakin gencar berpromosi di Eropa dan Asia Pasifik.

Selain Samsung, penjualan tablet Android tertinggi lainnya ditempati oleh Huawei, Lenovo, dan Xiaomi. Masing-masing perusahaan ini berhasil meningkatkan pengiriman tablet berbasis Android mencapai 9,4 persen, 7 persen, dan 5,9 persen.

Pasar tablet secara global masih bergerak secara stagnan dengan peningkatan mencapai 200.000 unit. Dari total penjualan tablet secara global, pengiriman lebih banyak dilakukan oleh pengembang tablet Android seperti Huawei, Lenovo, dan lainnya.

Apple akan meluncurkan iPad terbaru melalui acara Let Loose. Untuk saat ini, belum dapat diperkirakan apakah iPad generasi terbaru mampu mendongkrak permintaan pasar. Jika berhasil, Apple bisa mempertahankan posisinya di urutan pertama penjualan tablet.