Bagikan:

JAKARTA – Banyak pengguna laptop, khususnya Mac, yang jarang membersihkan perangkat mereka. Padahal, laptop perlu dibersihkan secara berkala agar perangkat selalu bersih dan terhindar dari berbagai macam kotoran.

Anda bisa membersihkan Mac kapan pun selama Anda memiliki alat dan mengetahui cara membersihkannya. Berikut ini merupakan cara yang tepat untuk membersihkan Mac dari debu dan kotoran, dikutip dari Makeuseof.

Bersihkan Keyboard dengan Aplikasi

Cara terbaik untuk membersihkan keyboard adalah dengan mematikan perangkat. Selama Mac dalam keadaan mati, Anda bisa membersihkan keyboard hingga ke sela-sela tombol tanpa takut tombolnya tertekan dan memicu aktivitas pada perangkat.

Anda juga bisa membersihkan Mac saat sistemnya menyala, tetapi peran aplikasi dibutuhkan agar tidak ada jendela yang terbuka tanpa disengaja. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengunduh KeyboardCleanTool dan mulai bersihkan sela-sela tombolnya.

Singkirkan Kotoran dengan Sikat Mini

Setelah keyboard tidak aktif, Anda sudah bisa membersihkan perangkat dari debu dan kotoran. Namun, perlu diingat bahwa kotoran bisa masuk ke bagian bawah tombol sehingga Anda harus menggunakan sikat kecil yang bisa masuk ke sela-sela.

Selain itu, gunakan kuas kecil untuk menyingkirkan debu dan kotoran dari port atau engsel perangkat. Pastikan tidak ada kotoran apa pun yang tertinggal, bahkan remah-remah makanan, karena bisa menyebabkan kerusakan pada mesin.

Bersihkan Layar dengan Kain Microfiber

Terakhir, Anda juga harus membersihkan layar secara berkala karena debu sering menempel tanpa kita sadari. Selain itu, memegang layar secara sengaja maupun tidak sengaja bisa meninggalkan noda yang mungkin tidak terlihat oleh mata.

Untuk membersihkan layar, Anda harus menggunakan bahan khusus seperti kain microfiber. Anda hanya perlu mengusap layar secara perlahan selama menggunakan alat ini. Kain microfiber juga bisa digunakan untuk mengelap kotoran di keyboard.