Bagikan:

JAKARTA – Passkey atau kunci sandi merupakan cara baru untuk mengakses fitur maupun aplikasi tanpa memerlukan kata sandi. Banyak perusahaan teknologi yang tertarik dengan kunci sandi, tak terkecuali Microsoft

Melalui blog resminya, Microsoft mengatakan bahwa mereka telah meluncurkan dukungan kunci sandi untuk pengguna akun Microsoft. Dengan meluncurkan kemampuan baru ini, pengguna bisa mengakses layanan Microsoft dengan mudah dan aman.

Sebelum Microsoft meluncurkan kunci sandi, perusahaan itu menyadari adanya peningkatan serangan kata sandi. Selama hampir satu dekade, serangan kata sandi melonjak hingga 3,378 persen hingga mencapai 4.000 kasus setiap detiknya.

Temuan ini menunjukkan bahwa serangan kata sandi menjadi hal yang sangat populer dan digemari oleh para peretas. Oleh karena itu, Microsoft memutuskan untuk beralih ke kunci sandi yang dianggap jauh lebih aman dan memiliki risiko yang lebih sedikit.

"Sangat jelas bahwa kata sandi tidak cukup untuk melindungi kehidupan kita saat online. Tidak peduli seberapa panjang dan rumitnya Anda membuat kata sandi, atau seberapa sering Anda mengubahnya, hal ini tetap menimbulkan risiko," kata Microsoft.

Kunci sandi merupakan cara yang efektif untuk mengakses akun digital. Dibandingkan membuat, mengingat, dan memasukkan kata sandi, pengguna bisa mengakses akun melalui verifikasi biometrik seperti wajah, sidik jari, atau non-biometrik berupa PIN perangkat.

Microsoft menjelaskan bahwa dukungan kunci sandi sudah ditambahkan ke akun Microsoft yang digunakan di platform Windows, ChromeOS, dan macOS. Pengguna sudah bisa menggunakan fiturnya jika memang sudah ditambahkan ke perangkat komputer Anda.

Saat ini, dukungan kunci sandi sudah bisa digunakan untuk masuk ke aplikasi atau situs web Microsoft. Meski dukungannya hanya tersedia di perangkat komputer untuk saat ini, Microsoft berencana menambahkan dukungan kunci sandi ke ponsel.