Simak Tiga Aplikasi Authenticator Terbaik Untuk 2FA dan Keamanan Akun Anda
Aplikasi authenticator terbaik (foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Menjaga data pribadi sangatlah penting, apalagi ketika kita sudah memasuki dunia online. Maka dari itu, Autentikasi Dua Faktor (2FA) sangatlah penting untuk digunakan.

2FA berguna untuk keamanan web, karena nantinya sistem akan segera menetralkan risiko yang terkait dengan kata sandi yang disusupi. Dengan 2 FA, jika kata sandi Anda diretas atau bahkan di-phishing, kata sandi saja tidak cukup untuk penyusup dapat memiliki akses ke akun Anda.

2FA bekerja dengan menambahkan keamanan tambahan di akun online Anda. 2FA akan memberikan Anda kredensial tambahan untuk dapat masuk, lebih dari sekedar nama pengguna dan password saja.

Ada beberapa metode untuk bisa mendapatkan kode kredensial. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi 2FA. Berikut ini adalah tiga aplikasi Autentikasi Dua Faktor terbaik yang bisa Anda gunakan.

Google Authenticator

Salah satu aplikasi 2FA paling dasar adalah Google Authenticator milik Google. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store maupun App Store, dan dapat berfungsi di hampir semua smartphone.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengimplementasikan layanan verifikasi dua langkah menggunakan Algoritma Kata Sandi Satu Kali Berbasis Waktu dan algoritma Kata Sandi Sekali Pakai berbasis HMAC, untuk mengautentikasi pengguna aplikasi perangkat lunak.

Untuk mentransfer kode, Anda harus membuka Pengaturan > Transfer akun > Ekspor akun. Setelah memverifikasi identitas Anda, pilih akun yang ingin Anda ekspor, ketuk Berikutnya, dan kemudian Anda akan diperlihatkan kode QR yang perlu Anda pindai dengan aplikasi Google Authenticator di ponsel baru Anda. Dengan itu, Anda dapat mentransfer semua kode Anda dalam waktu kurang dari satu menit.

Microsoft Authenticator

Selain Google, Microsoft juga memiliki aplikasi 2FA nya sendiri bernama Microsoft Authenticator. Aplikasi ini akan membantu Anda masuk ke akun jika Anda menggunakan verifikasi dua faktor.

Melansir dari laman resminya, Anda dapat menggunakan aplikasi Microsoft Authenticator dengan beberapa cara, termasuk:

  • Memberikan perintah untuk metode verifikasi kedua setelah Anda masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda.
  • Menyediakan masuk tanpa memerlukan kata sandi, menggunakan nama pengguna dan perangkat seluler Anda dengan sidik jari, wajah, atau PIN Anda.

LastPass Authenticator

Aplikasi 2FA lainnya adalah LastPass Authenticator untuk mengelola kata sandi Anda. Aplikasi ini cukup sederhana seperti Google Authenticator, tetapi menawarkan keamanan yang lebih baik.

LastPass memiliki kunci aplikasi, untuk memastikan bahwa meskipun seseorang mendapatkan akses ke ponsel Anda, mereka tidak dapat membuka autentikator kecuali mereka memiliki PIN atau biometrik Anda. Anda juga dapat menggunakan tap-to-reveal untuk memastikan bahwa kode Anda tidak ditampilkan di halaman beranda aplikasi.

Yang terpenting, aplikasi LastPass Authenticator terpisah dari aplikasi LastPass Password Manager. Dengan begitu, bahkan jika ada yang disusupi, masih ada penghalang yang memastikan penjahat dunia maya Anda akan kesulitan membobol akun Anda.