Bagikan:

JAKARTA - Pintu rumah yang mengeluarkan suara berderit saat dibuka atau ditutup merupakan hal yang mengganggu. Pintu yang berderit diakibatkan oleh beberapa hal, seperti engsel kering, kurangnya pelumasan pada bagian engsel pintu, hingga adanya kotoran dan karat.

Namun, tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pintu rumah yang mengeluarkan bunyi berderit. Simak ulasannya berikut ini, yang dikutip dari laman The Spruce.

1. Identifikasi asal suara derit

Hal pertama yang dilakukan adalah mengidentifikasi asal suara derit pada pintu. Biasanya suara tersebut berasal dari engsel, tetapi ada kemungkinan sumbernya dari tempat lain.

2. Bersihkan engsel pintu

Kotoran dan debu yang menempel pada engsel pintu bisa menjadi salah satu penyebab bunyi derit. Gunakan kain bersih untuk membersihkan kotoran di engsel, dan jika engsel berkarat, amplas karat dengan menggunakan amplas halus.

3. Oleskan pelumas pada engsel

Kemudian oleskan pelumas pada engsel pintu. Dilansir dari Toms Guide, gunakan minyak pelumas seperti minyak goreng.

Cara menggunakannya dengan semprotkan atau teteskan minyak ke engsel secara merata, buka dan tutup pintu beberapa kali untuk memastikan pelumas meresap dan bekerja dengan baik. Jika suara berderit masih terdengar, tambahkan minyak pelumas sedikit lagi dan ulangi prosesnya.