Bagikan:

JAKARTA - Bagi pengguna motor matik kadang menemukan masalah pada bagian Continuously Variable Transmission (CVT), salah satunya timbulnya getaran ketika putaran mesin rendah.

Tentunya tak sedikit yang bertanya mengapa hal tersebut bisa terjadi? Menurut Budiman selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, penyebabnya bisa karena kampas ganda.

"Biasanya itu karena adanya masalah pada kampas ganda yang sudah tidak layak digunakan lagi," katanya, kepada VOI, Selasa, 31 Oktober.

Menurutnya, kerja kampas ganda itu melebar dan menutup ketika mesin berputar, atau sedang berjalan. Ketika sudah tidak layak itu bisa saja copot dan merusak rumah kopling.

"Ada yang namanya rumah kopling yang menutupi kampas ganda, ketika ada yang copot itu rumah (kopling) bisa rusak alias tidak rata jadi bisa timbul gesekan," tambahnya.

Selain itu, bagian rumah kopling yang kotor juga bisa menjadi penyebab utama timbulnya bunyi getaran pada area CVT.

"Simpelnya bersihkan area CVT termasuk rumah koplingnya, bisa getar karena adanya kotoran," paparnya.

Untuk mengatasi itu semua juga bisa dengan cara mengganti per sentri kampas ganda, di mana bisa memilih yang lebih keras.

"Solusinya itu bisa per sentri diganti saja sama yang lebih keras, biasanya seperti itu," pungkasnya.