Ternyata Ini Penyebab Tarikan Gas Motor Matik Mulai Berat
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

JAKARTA - Tarikan gas motor matik mulai berat atau istilahnya 'ngeden' tentu sangat menyebalkan bukan? Apalagi bagi Anda yang melakukan rutinitas setiap hari menggunakan kuda besi tersebut.

Ternyata masalah di atas bisa disebabkan banyak hal. Termasuk ada masalah pada bagian injektor motor. Sejatinya memang injektor perlu dibersihkan dengan rentang jarak yang direkomendasikan.

"Salah satu faktor tarikan motor ngeden itu karena ada masalah di injektor, untuk itu wajib dibersihkan setiap 10 ribu kilometer," kata Budiman, selaku Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, kepada VOI, Jumat, 20 Oktober.

Seperti diketahui fungsi injektor motor itu untuk menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar, dengan cara mengubah partikel menjadi kabut. Ketika kotor, tentu akan menyebabkan masalah.

Selain injektor, tarikan motor berat bisa juga karena adanya masalah pada Throttle Position Sensor (TPS). Sebab komponen satu ini memiliki peranan yang sangat penting.

"Kalau tarikan gas awal normal, dan ketika diajak jalan mulai ngeden itu bisa jadi ada masalah pada TPS, tapi harus dicek terlebih dahulu," tambahnya.

Menurutnya ada faktor lain yang juga bisa menjadi biang keladi, termasuk pada komponen fuel pump. Sebab komponen tersebut yang mendistribusikan bensin sesuai dengan porsinya ke injektor.

Jadi, banyak penyebab tarikan gas berat atau ngeden, untuk memastikan masalahnya bisa langsung menuju ke bengkel resmi.