Ferrari Rilis 499P Modificata untuk Kaum Super Tajir
Ferrari 499P Modificata. (Dok. Ferrari)

Bagikan:

JAKARTA - Menyusul keberhasilan Ferrari 499P memenangkan edisi 1 abad 24 Hours of Le Mans tahun ini, produsen mobil super ikonik asal Italia ini menghadirkan kejutan di dunia otomotif dengan memperkenalkan Ferrari 499P Modificata. Hypercar luar biasa ini bukan ditujukan untuk pembalap profesional, tetapi ditawarkan kepada penggemar tajir Ferrari.

Khusus penggemar Ferrari tentu mengetahui program XX dan F1 Clienti dari merek ini. Program eksklusif yang memungkinkan individu kaya untuk memiliki mobil sport luar biasa seperti FXXK atau bahkan Scuderia F1 klasik.

499P Modificata membawa gagasan baru dari inisiatif ini, dengan nama yang sesuai yaitu program Sport Prototipi Clienti. Konsep baru ini membuka peluang bagi mesin lintasan sensasional ini untuk dapat dinikmati oleh individu yang bukan pembalap.

Karena pasarnya bukan untuk balap, 499P Modificata tidak terbebani oleh banyak peraturan balapan yang rumit alhasil Ferrari bisa meningkatkan performa mobil ini menjadi lebih tinggi.

5

Dari rilisi Ferrari, 29 Oktober, diketahui mesin V6 twin-turbo 3,0 liter yang berasal dari 296 GT3 tidak mengalami perubahan dalam proyek ini. Yang mengalami modifikasi adalah motor listrik di sumbu depan. Bedanya dengan mobil versi balap, di mana bantuan listrik hanya dapat aktif pada kecepatan di atas 190 kilometer per jam. Sebaliknya, 499P Modificata memiliki sistem penggerak empat roda sejak awal. Akibatnya, output daya gabungan kini mencapai 858 bhp, meskipun daya ini hanya dilepaskan saat pengemudi menekan tombol 'Push to Pass' baru, yang terletak di setir, yang memberikan burst daya penuh selama tujuh detik. Tanpa fitur ini, hypercar ini tetap menghasilkan daya sebesar 697 bhp.

6

Seluruh komponen internal lainnya sebagian besar dipertahankan dari 499P yang memenangkan Le Mans termasuk sasis monokok karbon penuh, transmisi sekuen tujuh percepatan, suspensi push-rod (meskipun dengan modifikasi untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi), sistem pengereman by-wire, dan pak baterai 800 volt yang mengadopsi teknologi Formula 1.

Desain eksterior dan aerodinamika mobil ini tetap hampir sama dengan 499P standar. Di bagian dalam, perubahan yang mencolok hanya meliputi penambahan cermin belakang digital dan kursi yang sedikit lebih lebar.

Satu perbedaan mencolok dari mobil balap adalah ban khusus yang dirancang untuk 499P Modificata. Berbeda dengan ban Michelin yang digunakan di Le Mans, mobil ini menggunakan ban slick Pirelli yang dirancang khusus untuk memberikan waktu pemanasan yang lebih cepat dan penanganan yang lebih dapat diprediksi, menjadikannya pengalaman yang ramah pengguna di lintasan.

Ferrari belum mengumumkan jumlah pasti Modificata yang akan diproduksi, jelas bahwa mobil ini hanya diproduksi dalam jumlah terbatas.

Menariknya lagi, dikutip dari Carandbike, 29 Oktober, Ferrari 499P Modificata ada di liga sendiri mengingat para pesaingnya seperti Aston Martin Valkyrie AMR Pro, Bugatti Bolide, dan GMA T.50 Lauda, malah belum pernah berkompetisi dalam balapan nyata.

499P Modificata jelas tidak datang dengan harga yang murah. Setiap hypercar ini diperkirakan akan memiliki harga 5,1 juta euro sebelum pajak, atau setara Rp85,7 miliar.