Bagikan:

JAKARTA - Transisi kendaraan dari bahan bakar ke listrik semakin pesat. Tidak hanya mobil listrik baru yang banyak beredar di pasaran, banyak juga yang memilih mengubah mobil lawas (ICE) mereka menjadi mobil listrik.

Alan Mann Racing (AMR) misalnya, berhasil mengubah Ford Mustang 1965 menjadi mobil listrik dengan sedikit perubahan, seperti yang dikutip dari CarBuzz, Senin, 30 Oktober.

Proyek konversi ini dikembangkan oleh tim asal Inggris dan merupakan percobaan pertama perusahaan dalam menggabungkan powertrain listrik ke mobil pembakaran, bekerja sama dengan mitra Amerika Utara, Mann ePower Cars.

Mobil ini dapat menempuh jarak 220 mil (354 km) dengan kecepatan maksimal 156 km/jam. Ditenagai oleh powertrain 300 hp, mobil ini bisa mencapai akselerasi 0-100 km/jam dalam 5,2 detik, menunjukkan performa yang andal.

6

Waktu pengisian daya untuk mobil konversi ini hanya 40 menit dengan fast charging DC untuk pengisian 20-80 persen.

AMR juga melakukan perubahan pada sasis, termasuk integrasi komponen balap berkualitas tinggi yang dikembangkan oleh desainer berpengalaman Formula 1. Sistem pengereman regeneratif dengan kaliper enam piston depan dan kaliper empat piston belakang menggantikan sistem pengereman asli mobil tahun 60-an.

8

Interior mobil hampir tidak mengalami perubahan besar untuk mempertahankan kesan klasik, tetapi setiap elemen telah diperbarui untuk memberikan sentuhan estetika modern, termasuk integrasi Apple CarPlay dan Android Auto.

Nah, tarif harga awal untuk konversi ini mulai 242.560 dolar AS atau sekitar Rp3 miliar dan sebagai perbandingan mobil listrik terbaru Ford Mustang Mach-E harga awalnya kisaran 42.995 dolar AS atau sekira Rp684 jutaan. Tertarik pilih yang mana?