Ford Mustang Rayakan Ulang Tahun ke-60 dengan Edisi Istimewa
Ford MustangĀ® 60th Anniversary Package. (Dok. Ford)

Bagikan:

JAKARTA - Ford Mustang 2025 hadir dengan edisi spesial untuk merayakan hari jadinya yang ke-60. Edisi ini hadir dengan emblem dan striping yang terinspirasi dari Mustang 1965.

Ford akan memproduksi sebanyak 1965 unit Mustang dengan paket khusus ini. Angka tersebut merujuk pada tahun debut resmi Mustang. Paket ini akan tersedia untuk dipesan mulai musim semi ini dan diproduksi akhir tahun ini.

Melansir akun X Mustang, edisi khusus ini tersedia untuk Mustang GT Premium Coupe dan Convertible. Tampilannya kental dengan tema merah, putih, dan biru yang melambangkan bendera Amerika Serikat. Trim eksteriornya menggunakan perpaduan warna abu-abu, merah, dan silver.

4

Salah satu ciri khas yang paling mencolok adalah penggunaan pelek 20 inci berwarna abu-abu gelap dengan center cap aluminium berwarna merah. Ini merupakan referensi terhadap center cap pada Mustang 1965.

Begitu juga dengan emblem pada fender dan bagasi yang didesain menyerupai emblem "cloisonné" Mustang 1965. Emblem ini dibuat dengan teknik menggunakan pasta kaca berwarna yang kemudian dibakar dalam kiln bersuhu 1500 derajat Celcius.

Untuk menambah kesan klasik, tersedia pilihan striping samping berwarna silver atau merah.

5

Panel instrumen pada mobil ini juga akan dilengkapi dengan emblem bernomor seri. Edisi spesial ini juga mendapatkan lampu depan Nite Pony berwarna gelap dan desain gril mesh yang menurut Ford terinspirasi dari Mustang 1964.

Menariknya, dilansir CarandDriver, 18 April,  tahun 1964 sendiri bukanlah tahun resmi peluncuran Mustang. Produksi Mustang sebenarnya dimulai pada Maret 1964, dan mobil yang diproduksi hingga Juli tahun itu memiliki banyak perbedaan dibanding model 1965, bahkan menawarkan dua pilihan mesin yang berbeda.

Namun, Ford tidak pernah secara resmi memasarkan mobil tersebut sebagai model 1964. Para kolektor kemudian menyebut mobil ini sebagai Mustang 1964.5.