Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemilik mobil matik atau transmisi otomatis perlu mengganti oli secara berkala untuk menjaga performa kendaraan. Selain mengganti oli mesin, Anda juga harus memperbarui oli transmisi pada periode tertentu. Lantas kapan ganti oli transmisi matik agar tidak kelewatan dan menimbulkan kerusakan?

Oli transmisi merupakan cairan atau minyak yang digunakan untuk melumasi gear dan komponen lainnya pada mobil. Oli transmisi harus diganti atau diperbarui secara rutin untuk menjaga komponen pada mobil bisa bekerja dengan baik dan mencegah terjadinya keausan dan kerak.  

Terlambat mengganti oli transmisi akan mengakibatkan permasalahan pada mobil dan mengganggu kenyaman berkendara. Oleh karena itu, pemilik mobil perlu tahu kapan ganti oli transmisi matik.

Kapan Ganti Oli Transmisi Matik?

Waktu penggantian oli transmisi matik biasanya berpatokan pada jarak tempuh yang sudah dilalui. Biasanya pemilik mobil disarankan untuk memperbarui olinya setiap mencapai 15.000 kilometer dan pengurasan oli secara menyeluruh pada 50.000 km. 

Namun ahli otomotif mengatakan bahwa durasi penggantian oli transmisi matik kini tidak bisa lagi bergantung dari jarak tempuh. Mengingat pengendara sering terjebak dalam kemacetan lalu lintas, perhitungan jarak tempuh kini sudah tidak relevan lagi sebagai acuan untuk waktu penggantian oli transmisi. 

Misalnya dalam hitungan normal waktu berkendara, dalam kurang dari 1 jam mobil dapat berkendara hingga jarak lebih dari 10 km. Namun kenyataannya ketika melewati jalan macet, mobil bisa memakan waktu tempuh lebih dari 1 jam untuk mencapai jarak 10 km. 

Jadi apabila Anda sering berkendara di jalan macet, sebaiknya durasi ganti oli transmisi matic dipercepat. Misalnya yang awalnya ganti oli tiap 10.000 km, dapat dimajukan menjadi tiap 7.000 km atau 8.000 km. Langkah ini berguna untuk menghindari penurunan performa transmisi mobil matik dan juga kuras oli. 

Jika pemilik mobil mengganti oli transmisi secara rutin atau sesuai waktunya, maka tidak perlu menguras olinya. Oli yang diperbarui secara berkala akan menjaga transmisi tetap bekerja dengan baik dan performa pelumasan yang optimal. 

Pengurasan oli dilakukan apabila oli dalam transmisi sudah tidak lagi melumasi dengan baik. Oli perlu dikuras ketika mobil menunjukkan gejala-gejala penurunan performa transmisi, seperti shifting (pergantian gigi) yang lambat dan munculnya suara dengung. 

Tanda Oli Transmisi Matik Harus Diganti

Pengendara juga harus selalu memperhatikan performa mobilnya untuk mengetahui kapan perlu ganti oli. Berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan oli transmisi matik perlu diganti:

Kesulitan Shifting atau Pindah Gigi

Salah satu tanda yang ditemukan saat mobil perlu ganti oli adalah proses shifting (pergantian gigi) yang sulit. Oli transmisi yang sudah tidak bekerja baik akan menyebabkan sulitnya perpindahan posisi gigi, meski laju mobil diperlambat atau dipercepat. 

Transmisi Terasa Berat

Jika tarikan mobil Anda terasa berat atau tersendat bisa jadi permasalahannya pada transmisi matik. Keterlambatan ganti oli akan menyebabkan adanya gumpalan debu atau kotoran pada transmisi, sehingga tekanan fluida menjadi melemah. 

Kesulitan Menanjak

Ciri-ciri lainnya ketika oli transmisi perlu diganti adalah mobil yang kesulitan menanjak pada jalanan dengan kemiringan lumayan curam. Keterlambatan mengganti oli akan menyebabkan kualitas pelumas yang menurun, sehingga tenaga mobil jadi minim atau berkurang. 

Keluar Suara Mendengung

Munculnya suara dengung pada mesin mobil juga bisa jadi tanda oli transmisi perlu diganti. Suara tersebut berasal dari komponen dalam sistem transmisi yang saling berbenturan atau beradu karena pergerakannya terhambat. Kondisi ini disebabkan oleh kinerja oli transmisi yang sudah menurun atau kurang kuat. 

Demikianlah ulasan mengenai kapan oli transmisi matic perlu diganti agar performa kendaraan tetap terjaga. Pergantian oli perlu dilakukan mengacu dari pemakaian mobil, baik kondisi jalan yang dilalui maupun jarak tempuhnya. Pastikan untuk mengganti oli secara berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponen mobil. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.