6 Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus Secara Cepat dan Efektif
Ilustrasi alarm mobil (foto: dok. Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di beberapa kondisi, alarm mobil bisa aktif hingga berbunyi secara terus menerus. Saat menjumpai kondisi semacam ini, Anda harus tahu cara mengatasi alarm mobil bunyi terus dengan memahami penyebabnya lebih dulu.

Seperti diketahui, keberadaan alarm pada mobil dimaksudkan untuk beragam tujuan. Misalnya, alarm akan aktif secara otomatis saat sistem keamanan mendeteksi adanya upaya pencurian terhadap mobil tersebut. Alarm juga bisa dinyalakan secara manual saat pemilik mencoba mencari mobil di parkiran mall.

Cara Mengatasi Alarm Mobil Bunyi Terus

Sayangnya ada hal-hal tertentu yang membuat bunyi alarm aktif secara terus menerus tanpa bisa dikontrol. Saat ini terjadi, pemilik harus segera mematikan alarm agar tidak mengganggu orang yang ada di sekitarnya. Beberapa cara untuk mematikan alarm mobil berbunyi tanpa kontrol adalah sebagai berikut.

  1. Pastikan Pintu Tertutup dengan Sempurna

Salah satu penyebab alarm mobil aktif adalah penutupan pintu yang kurang sempurna. Pasalnya alarm mobil memiliki sensor yang mampu mendeteksi keamanan lewat pintu. Biasanya alarm jenis ini teritegrasi pula pada lampu.

Saat alarm berbunyi, disarankan untuk memastikan satu per satu apakah pintu telah tertutup dengan baik. Lakukan juga pengecekan pada pintu bagasi mobil. Anda bisa membuka lagi pintu lalu menutupnya lagi dengan benar.

  1. Cabut Sambungan Aki Mobil

Alarm bisa aktif meski mobil dalam kondisi mesin mati karena mengambil daya listrik dari aki. Saat alarm mobil berbunyi tanpa alasan yang jelas, sedangkan Anda butuh waktu untuk mencari penyebabnya, cobalah untuk mencabut sambungan aki sementara untuk meredakan bunyi yang mengganggu.

  1. Cek Central Lock

Central lock mobil adalah sistem keamanan kendaraan yang memungkinkan pemilik mobil melakukan penguncian otomatis secara terpusat di satu tombol. Saat tombol ditekan, mobil akan otomatis terkunci.

Meski sangat membantu, central lock kadang bermasalah hingga menyebabkan alarm mobil terpicu dalam waktu yang lama. Saat kondisi ini terjadi, Anda disarankan untuk mengecek apakah central lock bermasalah atau tidak. Cek juga baterai central lock karena baterai habis bisa memicu alarm aktif.

  1. Tutup Rapat Kap Mesin

Alarm tak hanya terintegrasi pada pintu, namun pada kap mesin. Sensor alarm akan aktif saat mendeteksi kap mesin yang terbuka seperti halnya sensor pada pintu.

Saat alarm berbunyi tanpa sebab, cobalah melakukan pengecekan pada kap mesin apakah penutupanya telah dilakukan dengan sempurna atau belum. Jika kap mesin telah tertutup baik namun alarm masih berbunyi, bisa dipastikan sensor di kap bermasalah. Anda harus melakukan service.

  1. Mengganti Sensitivitas Alarm yang Eror

Alarm mengandalkan sensitivitas sensor untuk mendeteksi kerentanan tertentu. Komponen ini mampu memicu alarm aktif tanpa alasan yang jelas. Misalnya, alarm mobil yang terpariki tiba-tiba berbunyi saat sebuah truk tronton melintas di sekitarnya. Karena sensitivitas eror, alarm tiba-tiba aktif. Sensitivitas yang eror membuat alarm bisa berunyi berkali-kali dalam satu hari tanpa ada alasan yang jelas.

  1. Ganti Komponen Alarm

Alarm mobil terdiri dari banyak komponen mulai dari sensor, control unit, sirine, hingga lampu kedip. Komponen yang rusak dapat memicu alarm berbunyi terus tanpa alasan yang jelas. Ketika itu terjadi, Anda bisa mengganti komponen alarm yang bermasalah.

Selain cara mengatasi alarm mobil bunyi terus, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.