Bagikan:

JAKARTA – Google Meet meluncurkan kemampuan baru untuk menyembunyikan tile atau ubin yang memperlihatkan layar kosong. Jika Anda terganggu dengan tampilan seperti itu, Anda kini bisa menyingkirkannya.

Diumumkan di halaman Pembaruan Google Workspace, Google mengatakan bahwa mereka telah menambahkan tombol baru di Pengaturan. Tombol ini akan menyembunyikan ubin atau tampilan layar pengguna lain yang berbentuk persegi panjang.

"Kami telah menambahkan opsi pada tata letak, sehingga pengguna dapat mengubah tata letaknya agar layar tidak berantakan jika mereka tertarik untuk hanya melihat peserta yang sedang memutar video," kata Google.

Meski ubinnya akan disembunyikan dari tampilan layar karena videonya dinonaktifkan, ubin tersebut masih bisa muncul kembali jika pemilik akunnya sedang berbicara. Google Meet akan tetap memberikan highlight bagi para pembicara.

Google menekankan bahwa seluruh perubahan yang dilakukan pengguna hanya bisa dilihat oleh diri mereka sendiri. Pengaturannya pun, "tidak memengaruhi apa yang dilihat atau diatur oleh peserta lain untuk tata letak mereka selama rapat."

Untuk mengaktifkan fitur sembunyikan tampilan layar tanpa video, Anda harus membuka Pengaturan saat rapat sedang berlangsung. Setelah itu, buka Pengaturan dan pilih Ubah Tata Letak. Berikutnya, klik tombol Sembunyikan Ubin Tanpa Video.

Fitur ini sudah dirilis sejak 2 Mei lalu dan diperkirakan akan berakhir dalam 15 hari ke depan. Fitur ini tersedia untuk seluruh pelanggan Workspace dan pengguna akun pribadinya. Sepertinya, fitur ini hanya bisa diaktifkan jika Anda menggunakan situs web Google Meet.