Bagikan:

JAKARTA – Google Meet, layanan konferensi video dari Google, memiliki tampilan yang terbatas di Chrome. Saat pengguna beralih dari tab Google Meet, tampilan layar akan menghilang meski pertemuan tetap berjalan.

Masalah ini bisa diatasi dengan fitur Picture-in-Picture (PiP) yang Google luncurkan beberapa waktu lalu, tetapi pengguna harus mengaktfikan fitur ini terlebih dahulu. Dalam waktu dekat, pengguna tidak perlu lagi mengaktifkan fitur secara manual.

Google mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan fitur PiP secara default untuk meningkatkan pengalaman pengguna selama melakukan pertemuan. Perubahan fitur PiP juga mendukung pengguna dalam melakukan pekerjaan yang multitasking.

"Kini kami membuatnya lebih mudah. ​​Mode Picture-in-Picture kini akan otomatis aktif saat Anda beralih tab selama rapat," kata Google melalui halaman pembaruannya. "Pembaruan yang sederhana namun berdampak ini akan membantu memastikan rapat Anda tetap terlihat."

Google mengatakan bahwa Picture-in-Picture hanya tersedia di Google Meet untuk desktop sehingga pembaruannya juga hanya diluncurkan di Meet untuk Chrome. Pengguna tidak perlu memperbarui Chrome untuk mendapatkan pembaruan ini.

"(layar pertemuan tetap) dapat diakses jika Anda perlu beralih tab untuk membuat catatan, melihat dokumen terkait rapat, dan banyak lagi. Perlu diketahui bahwa Picture-in-Picture hanya tersedia dengan Google Chrome di komputer," jelas Google.

Fitur Picture-in-Picture otomatis akan diluncurkan dalam domain rilis terjadwal pada 10 September mendatang dengan masa kerja 15 hari. Namun, untuk domain rilis cepat, fitur ini mulai diluncurkan pada Senin, 26 Agustus dengan masa kerja yang sama.