Bagikan:

JAKARTA – Google memberikan kemampuan untuk mengontrol add-on di ruang rapat Google Meet. Kemampuan baru ini diberikan kepada para host atau penyelenggara rapat untuk menjaga pertemuan tetap produktif.

Melalui halaman pembaruan Google Workspace, Google mengatakan bahwa fitur baru ini diluncurkan secara default sehingga seluruh peserta rapat bisa memulai aktivitas add-on. Namun, hal ini bergantung pada pengaturan yang dipilih admin.

"Fitur ini akan AKTIF secara default. Fitur ini hanya dapat dikonfigurasi dari perangkat laptop dan desktop, namun akan berlaku untuk semua peserta rapat, termasuk mereka yang menggunakan perangkat seluler," jelas Google.

Jika pengaturan Biarkan Kontributor Bagikan Aktivitas Add-on dimatikan, hanya penyelenggara rapat yang bisa membuka add-on dan peserta lain akan diminta untuk bergabung. Peserta tidak bisa memulai kolaborasi add-on selama fiturnya dimatikan.

Google mengatakan bahwa, "Mereka akan mendapatkan pesan kesalahan (saat memulai aktivitas add-on)." Beberapa pengguna mungkin tidak tahu bahwa fitur ini tidak bisa digunakan karena kontrolnya berada di penyelenggara rapat.

Host atau admin tidak perlu mengatur fiturnya berulang kali karena opsi yang dipilih sebelumnya akan diberlakukan di pertemuan berikutnya. Jika host sudah mematikan opsi Biarkan Kontributor Bagikan Aktivitas Add-on, opsi ini akan tetap dalam keadaan mati.

Fitur ini sudah tersedia di seluruh Google Meet karena hanya diluncurkan selama tiga hari mulai 23 Agustus lalu. Jika Anda belum melihat fitur ini di aplikasi Google Meet Anda, pastikan bahwa aplikasi yang Anda gunakan merupakan versi terbaru.