Bagikan:

JAKARTA – Setelah meluncurkan tampilan antarmuka terbaru untuk versi aplikasi seluler, Google Meet kini meluncurkan tiga fitur otomatis. Dengan dirilisnya fitur baru ini, Google ingin mengurangi intervensi manual. 

Ada tiga fitur yang Google luncurkan, yaitu perekaman secara otomatis, transkripsi audio secara otomatis, dan catatan berbasis Gemini secara otomatis. Ketiga fitur ini mulai diluncurkan pada 8 Oktober lalu dan akan tersedia secara penuh dalam waktu tiga hari.

Fitur ini bisa diaktifkan oleh admin atau host rapat yang menggunakan Google Workspace Business Standard dan Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Essentials Plus, Enterprise Standard dan Plus, Education Plus, dan Teaching and Learning Upgrade.

"Kami berharap pengaturan ini membantu memastikan artefak dibuat untuk rapat atau rangkaian rapat tertentu, seperti panggilan penjualan atau rapat balai kota, tanpa bergantung pada intervensi manual," kata Google melalui halaman pembaruan Workspace. 

Untuk mengaktifkan ketiga fitur ini, pengguna hanya perlu membuka aplikasi sebelum rapat dimulai, lalu membuktikan Google Workspace untuk memilih menu Google Meet. Berikutnya, pilih Pengaturan Video Meet.

Selanjutnya, beri tanda centang di samping opsi Rapat Ditrankripsi Secara Otomatis, Rapat Direkam Secara Otomatis, dan Gemini membuat Catatan Secara Otomatis. Jika ingin menonaktifkan fiturnya, admin hanya perlu menghilangkan tanda centang.

Khusus untuk fitur Catatan berbasis Gemini, pengguna harus memiliki add-on Gemini Business, Enterprise, Education, Education Premium, atau AI Meetings and Messages. Jika tidak menggunakan add-on ini, hanya ada dua fitur yang bisa diaktifkan secara otomatis.