Google Hadirkan Fitur Penting  di Meet, Jumlah Audiens Bisa 100 Ribu Orang
Google memberi pengguna Workspace dua opsi untuk membuat streaming langsung. (foto: dok.google)

Bagikan:

JAKARTA - Google meluncurkan beberapa fitur di Meet serta kemampuan baru untuk para pengajar atau guru yang mendaftar ke Workspace for Education Plus Google dan paket Teaching and Learning Upgrade.

Salah satu fiturnya meliputi transkripsi otomatis. Google beralasan dokumen berbasis teks harus menggunakan lebih sedikit ruang daripada rekaman penuh untuk guru yang ingin menyimpan atau membagikan pelajaran mereka sebelumnya dan mempermudah peninjauan, penelusuran, serta pengiriman pelajaran kepada siswa.

Selain itu, hadir pula fitur polling dan sesi tanya jawab kepada guru yang menggunakan Meet untuk melakukan streaming langsung pelajaran mereka. Hal ini berpotensi membuka lebih banyak peluang untuk interaktivitas.

Fitur-fitur tersebut sudah tersedia di Google Meet rapat standar tetapi tidak selama streaming langsung. Bahkan, Google juga memperluas jangkauan streaming langsung Meet, karena sekolah dapat melakukan acara streaming langsung, seperti rapat dewan sekolah atau rapat, langsung ke YouTube.

Sebelumnya, Google memberi pengguna Workspace dua opsi untuk membuat streaming langsung. Sekarang, Google juga menambahkan jumlah audiens yang tadinya 500 orang dalam suatu organisasi, sekarang hingga 100.000 orang.

Melansir The Verge, Rabu, 8 Juni, pembaruan itu akan memberi lebih banyak orang kesempatan untuk menonton karena streaming langsung ke YouTube berarti siapa saja dapat menonton, kecuali video dibuat pribadi.

Diwartakan sebelumnya, Google juga menghadirkan aplikasi Screencast baru yang menurut Google dibangun di ChromeOS sebagai bagian dari pembaruan M103-nya.

Dengan aplikasi tersebut, guru dapat merekam, memangkas, menyalin, dan berbagi pelajaran di layar sambil memberi siswa kesempatan untuk menonton ulang pelajaran dari Google Drive dan membuat video mereka sendiri dengan alat perekaman layar.

Google menyatakan, guru juga bisa menggunakn aplikasi Screencast untuk menggambar atau menulis di video jika mereka menggunakan Chromebook dengan layar sentuh.

Pembaruan turut datang ke Gmail, pengguna bisa menambahkan teks alternatif ke gambar mereka. Ini berguna bagi orang yang menggunakan pembaca layar, karena memungkinkan mereka mengetahui apa yang disertakan dalam email mereka.

Meski pembaruan ini sederhana, tetapi membuktikan Google berupaya lebih besar untuk memperluas pijakannya di bidang pendidikan, yang telah dibangun Google sejak pembelajaran jarak jauh selama pandemi COVID-19.